Cara Menghentikan Facebook Memanfaatkan Browsing History Anda

rsz_finally-thumbs-down-things-you-dislike-facebook1280x600

Pengguna Facebook jarang sekali menyadari bahwa mereka dimanfaatkan untuk iklan tertarget oleh Facebook dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan melihat browsing history pengguna. Misalnya, di setiap halaman internet pengguna terdapat tombol LIKE atau Share Facebook yang berguna untuk mengumpulkan sinyal selera pengguna yang nantinya dikumpulkan dan dianalisis untuk menampilkan iklan tertarget.

Perlu diketahui Facebook juga telah mengumumkan bahwa mereka akan mulai menggunakan semua data aplikasi dan situs untuk melayani pengguna dengan lebih banyak iklan bertarget. Dengan kata lain, Facebook sedang bersiap-siap untuk menggunakan riwayat browsing Anda untuk menguntungkan pengiklan.

Nantinya, jika Anda tidak memilih untuk keluar dari yang diinginkan Facebook tersebut, akan makin banyak iklan yang Anda temui di Facebook. Apa yang Anda browsing direkam datanya kemudian diserahkan ke pengiklan untuk menampilkan iklan yang lebih tertarget.

Untungnya, Anda masih bisa untuk memilih keluar dari yang diinginkan Facebook tersebut. Ini artinya Anda bisa menghentikan Facebook dari menggunakan browsing history Anda untuk pengiklan. Caranya adalah dengan mengunjungi  the Digital Advertising Alliance di LINK ini.

Caranya pilih perusahaan yang Anda ingin keluar dari memantau browsing history. Gulir terus ke bawah hingga ditemukan Facebook, lalu centang pada kotak yang disediakan dan kemudian submit. Setelah melakukan submit nantinya Facebook tidak lagi bisa memanfaatkan browsing history Anda untuk kepentingan iklan tertarget. Meskipun tidak ada jaminan Anda akan terhindar dari iklan sama sekali, namun cara ini cukup efektif menghentikan Facebook memanfaatkan kebiasaan browsing Anda.

Bagi pengguna aplikasi Facebook di iOS, pengguna juga bisa melindungi kebiasaan browsing ini dengan melakukan trik mudah, yaitu  pilih setting lalu  General> Restrictions> Advertising (di bawah bagian Privacy) kemudian pilih Limit Ad Tracking. Untuk pengguna Android buka  Google Settings> Ads> Opt Out of Interest-Based Ads. 

Sumber: Gizmodo