Ekstensi Chrome Pencegah Phishing

18ix9y256cv5zjpg

Phishing masih merupakan masalah yang banyak melanda pengguna internet. Kebanyakan korban pemcurian data atau akunnya dikompromikan sering terlebih dahulu terkena phishing. Untuk itulah Google berusaha agar phishing semakin bisa ditekan ruang geraknya.

Google telah meluncurkan alat anti phishing baru yang bisa memberitahu pengguna setiap kali password mereka diketikkan  ke situs non-Google. Alat anti phishing baru tersebut disebut Password Alert.

Password Alert adalah ekstensi Chrome dirancang untuk meningkatkan kesadaran ketika serangan phishing potensial mencoba untuk memasukkan password Google di situs non-Google yang pada gilirannya akan mengecilkan kesempatan pengguna dari menggunakan password yang sama untuk beberapa situs.

Ekstensi dapat didownload dari Chrome Web Store. Setelah didownload ekstensi meminta pengguna untuk menyetujui Password Alert membaca dan mengubah semua data pengguna pada website yang dikunjungi dan mengetahui alamat email yang mereka pilih.

Password Alert bekerja dengan memeriksa HTML dari setiap halaman yang Anda kunjungi untuk melihat apakah halaman tersebut meniru halaman sign-in Google.

Perlu diketahui sekitar 2 persen dari email yang dikirim ke akun Gmail merupakan upaya untuk mengelabui pemegang akun untuk mengungkapkan password mereka.

Password Alert adalah upaya terbaru Google untuk meningkatkan keamanan akun dan hadir setelah fitur two step verification yang mendorong pengguna untuk melindungi password akun dan verifikasi ponsel mereka dan security key serta  penambahan physical USB key.

Upaya ini tiada lain sebagai usaha untuk makin memperkuat keamanan akun Google pengguna sehingga tidak mudah dikompromikan. Google tentu saja berharap pengguna dapat memanfaatkan fitur ini sebaik mungkin agar akun mereka makin bagus keamanannya.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: Life Hacker