Google Mungkin Kena Denda Komisi Eropa

google

Google kemungkinan akan kena denda sampai dengan 6,6 miliar dollar  setelah Komisi Eropa mulai memperbarui bukti baru terhadap perusahaan mesin pencari tersebut yang menandakan bahwa Komisi Eropa telah memutuskan untuk meluncurkan gugatan hukum terhadap Google.

Komisaris kompetisi Komisi Eropa yang baru Margrethe Vestager telah mulai memperbarui bukti terhadap Google dan menimbang apakah untuk meningkatkan penyelidikan lima tahun terhadap praktek mesin pencari Google dengan merilis pernyataan keberatan baru atas praktek tersebut.

Lebih dari 30 perusahaan dari Eropa dan Amerika Serikat, termasuk situs perjalanan Expedia dan Trip Advisort, situs perbandingan harga Nextag dan Foundem, dan Microsoft telah mengeluh bahwa Google merugikan bisnis mereka.

Tanda-tanda dari  Brussels (kantor Komisi Eropa) adalah bahwa Vestager telah memutuskan untuk mengajukan kasus tersebut yang dapat mengakibatkan Google didenda hingga 10% dari pendapatan di seluruh dunia yang pada tahun 2014 bernilai sekiar 66 miliar dollar.  Dalam beberapa hari terakhir, Komisi Eropa telah dihubungi sebagian besar pengadu yang meminta izin untuk berbagi versi non-rahasia dari bukti mereka.

Komisi Eropa secara resmi mulai resmi menyelidiki Google untuk penyalahgunaan posisi pasar yang dominan pada bulan November 2010. Komisi Eropa menuduh Google yang melayani 90% pencarian di Eropa berpotensi mendukung layanannya sendiri seperti daftar restoran atau perjalanan daripada orang lain atau perusahaan saingan. Artinya, Google lebih memprioritaskan produknya sendiri dibandingkan produk saingan. Hal ini menurut para saingan Google yang dimotori oleh Microsoft merugikan usaha mereka.

Sumber: The Guardian