Kini di Twitter Bisa Menerima Pesan dari Siapa Saja

Twitter-DM

Fitur Direct Message atau sering disebut DM Twitter merupakan fitur nonpublik yang sangat digemari pengguna Twitter. Tidak jarang fitur ini digunakan pengguna untuk melakukan percakapan pribadi yang kemungkinan tidak elok untuk di-tweet. Misalnya alamat untuk bertemu, nomor telepon, bahkan sering nomor rekening di bank.

Tambahan lagi, beberapa waktu sebelumnya Twitter memperkenalkan direct message yang bisa digunakan beberapa pengguna sekaligus. Ini artinya fitur ini makin bermanfaat karena tidak perlu lagi melakukan mention ke banyak teman. Cukup tambahkan mereka ke message bersama-sama teman yang lain sehingga percakapan lebih asyik dan lebih privasi.

Menyadari hal ini, Twitter membuat pengaturan baru terkait direct message tersebut. Sebelumnya yang bisa mengirimkan DM atau melakukan chatting via DM adalah mereka yang saling follow. Pengaturan ini memungkinkan pesan yang terjadi lebih  pribadi sehingga pengguna hanya menerima pesan dari mereka yang telah saling mengenal terlebih dahulu.

Twitter menambahkan fitur Receive Direct Message from Anyone. Dengan tambahan fitur ini setiap pengguna Twitter bila mencentang pada kotak yang disediakan akan menerima pesan DM dari siapa saja. Ini artinya pengguna tidak perlu lagi mem-follow terlebih dahulu. Misalnya jika Anda ingin mengirimkan pesan apa pun ke seseorang di Twitter, jika ia memilih untuk menerima pesan dari siapapun, maka pesan tersebut akan masuk ke dalam kotak pesannya.

Ini artinya segi privasi DM menjadi berkurang. Siapa pun dapat mengirimkan Anda pesan yang belum tentu Anda sukai. Untungnya, secara default fitur ini (kemungkinan) tidak dicentang, jadi pengguna masih sangat aman dari menerima pesan dari siapa pun di Twitter.

Untuk melihat fitur baru ini ini, klik Settings -> Privacy & Security dan scroll ke bawah. Jika dicentang, hilangkan centang tersebut agar Anda tidak bisa menerima pesan dari siapun, hanya dari mereka yang mem-follow anda seperti kondisi sebelumnya.