Komputer Lemot? Pakai 7 Cara Ini!

rsz_girl-using-laptop

Setelah digunakan beberapa waktu, komputer bisa saja menjadi lemot, tidak sekencang waktu pertama kali digunakan. Hal ini sesuatu yang wajar karena setelah dipakai pasti terjadi keausan di berbagai segi. Hal yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana caranya agar komputer tersebut kembali kencang (meskipun mungkin tidak sekencang pertama kali digunakan). Untuk itu, tempuh langkah berikut ini!

1. Uninstall program yang tidak terpakai

Beberapa program yang ada di komputer Anda mungkin tidak pernah Anda gunakan dan bahkan mungkin Anda tidak tahu mereka ada. Beberapa program bahkan berjalan di background meskipun Anda tidak menggunakannya sama sekali. Untuk itu, hapuslah program yang tidak terpakai tersebut, sisakan yang benar-benar dipakai saja. Untuk menghapus program tersebut bisa dilihat di Control Panel.

2. Hapus Temporary File

Temporary File mengendap pada komputer melalui tugas-tugas sehari-hari dan dapat tetap pada hard disk sehingga memperlambat komputer. Untuk itu Anda perlu menghapus temporary file ini yang kadang bisa saja berbentu cookie dari situs-situs yang Anda kunjungi.

3. Install solid state drive

Hard drive adalah penyebab terbesar lemotnya komputer. Memasang solid state drive kemungkinan tidak murah, tetapi waktu membaca data sangat cepat dan dapat mempercepat startup komputer.

4. Tambah hard drive

Secara teratur membersihkan semua temporary file, tetapi  hard drive yang  tersisa hanya 85, hal tersebut tetap akan memengaruhi kecepatan komputer Anda. Jika Anda secara teratur membuat video atau menggunakan PC Anda untuk merekam acara televisi, maka Anda harus memperbesar ukuran hard drive agar komputer Anda tidak lemot.

5. Cegah start up yang tidak perlu

Metode ini terutama akan memengaruhi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk laptop atau PC untuk startup. Beberapa program tidak perlu untuk diikutkan ketika startup. Untuk itulah Anda perlu mencegahnya agar waktu startup bisa menjadi lebih cepat.

6. Tambah RAM

RAM atau Random Access Memory adalah memori penyimpanan sementara yang digunakan oleh komputer. Semakin banyak program yang Anda gunakan, semakin banyak RAM yang Anda butuhkan sehingga komputer Anda lemot  jika RAM-nya tidak cukup. Indikator yang jelas ketika tidak memiliki RAM yang cukup adalah jika komputer Anda melambat setiap kali Anda mencoba dan memproses file besar atau freeze  ketika melakukan beberapa tindakan yang berbeda sekaligus. Untuk itu Anda perlu menambahkan RAM agar komputer Anda tidak lemot lagi.

7. Lakukan disk defragment

Suatu waktu tertentu Anda perlu melakukan disk defragment agar filie-file yang ada di komputer menjadi teratur dan efisien.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: f.fwallpapers.com