Mahasiswa Dipenjara Karena Curang Saat Ujian

rsz_1programming-istock (1)

Ada peristiwa menarik di Inggris yang mungkin bisa dijadikan pelajaran agar tidak mencoba melakukan hack sistem komputer di kampus Anda. Seorang mahasiswa University of Birmingham Imran Uddin, 25 tahun dipenjara karena melakukan hacking dan menaikkan nilai lima hasil ujian lima mata kuliah yang diikutinya dengan menggunakan keyboard yang dipasangi perangkat mata-mata. Sebelum melakukan hal tersebut ia terlebih dahulu mencuri password staf kampus.

Imran Uddin akhirnya dipenjara selama empat bulan. Mahasiswa berusia 25 tahun tersebut berada di tahun terakhirnya dalam bio-science dan mengharapkan setidaknya untuk memperoleh lower second class degree. Namun kini ia dipenjara di Birmingham Crown Court setelah mengakui enam dakwaan yang bertentangan dengan Undang-Undang Penyalahgunaan Komputer.

Hakim mengatakan kepada Uddin bahwa tidak sepenuhnya jelas baginya alasan (Uddin melakukan tindakan tersebut), apakah itu moneter, atau kesombongan atau keinginan untuk mengalahkan orang lain sehingga Uddin memutuskan untuk menipu. Hakim juga menambahkan bahwa tindak tersebut  semacam perilaku merusak atau berpotensi merusak kepercayaan masyarakat terhadap sistem penilaian yang dibuat oleh universitas.

Dengan berbekal pengetahuan tentang hacking, kini memang sangat banyak orang yang mencoba melakukan hack terhadap apa pun yang menarik bagi mereka, termasuk sistem komputer di universitas. Ada kecenderungan perilaku tersebut sembrono dan sering membanggakan hacking yang mereka lakukan. Namun dengan adanya hukuman yang tegas seperti di atas, bisa dijadikan peringatan untuk jangan coba-coba melakukan sembarang hack.

Sumber: The Telegraph