Orang Indonesia Suka Mainkan Smartphone Saat Jam Kerja

668644-130918-smartphone

Smartphone sepertinya sudah menjadi barang keseharian orang Indonesia. Untuk itu adalah penting untuk mengetahui perilaku pengguna dalam menggunakan smartphone mereka.

Baru-baru ini Google Indonesia merilis sebuah data yang bertajuk Mobile Strategy 101. Data ini terutama mengulik kebiasaan pengguna smartphone di Indonesia. Google Indonesia berkesimpulan bahwa orang Indonesia saat ini sudah sangat mobile.

Menurut Henky Prihatna, Industry Head Google Indonesia saat ini 98% konsumen Indonesia dalam melaksanakan kegiatan sehari-harinya tidak lepas dari perangkat elektronik. Sebagian masyarakat Indonesia saat ini online melalui smartphone, yaitu sekitar 40%.

Hal yang cukup unik adalah ditemukannya fakta bahwa  grafik penggunaan smartphone oleh para pengguna di Indonesia justru meninggi pada saat jam-jam kerja. Artinya, perangkat bergerak tersebut lebih banyak digunakan pada saat jam kerja. Apabila dibandingkan aktivitas menonton televisi atau mendengarkan musik, penggunaan smartphone pada saat jam kerja cenderung tinggi dan stabil.

Dengan tingginya penggunaan smartphone di saat jam kerja bisa jadi pekerjaan utama para pengguna tersebut menjadi terganggu. Akibatnya akan ada konflik, yaitu meneruskan pekerjaan sambil terus menatap layar smartphone.

Lebih jauh Henky Prihatna mengatakan rata-rata masyarakat Indonesia sering sekali menatap layar smartphone mereka. Biasanya, dalam sehari rata-rata sekitar 180 menit pengguna habiskan perhatian dan waktu mereka dengan layar smartphone.

Tingginya penggunaan smartphone di saat jam kerja ini mungkin salah satu tanda terjadinya multi tasking. Namun demikian, perlu sangat diperhatikan bahwa dengan terus menatap layar smartphone sambil bekerja bisa saja membuat pekerjaan menjadi tidak efektif dan efisien. Bahkan barang kali perhatian lebih fokus ke smartphone dibandingkan ke pekerjaan.

Sumber: The Marketers

Sumber Gambar: The Australian