Remaja Kaya Lebih Suka Instagram daripada Facebook

instagram-sign

Remaja semakin banyak berada di internet, tidak hanya remaja di negara maju seperti AS atau Inggris, remaja di negara berkembang pun makin menyukai untuk berlama-lama di internet. Tidak seperti pengguna dewasa, remaja memiliki selera yang berbeda dalam menggunakan internet, terutama dalam hal menggunakan media sosial.

Sebuah hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Pew Research terhadap remaja Amerika Serikat menunjukkan perbedaan selera tersebut. Menurut Pew Research, kebanyakan remaja Amerika online atau pada smartphone mereka setiap hari dan sebagian dari mereka terhubung hampir terus-menerus. Pew Research Center menemukan bahwa 92 persen remaja AS online setiap hari dan 24% di antaranya mengakui bahwa mereka online terus-menerus.

Menurut Pew Research pendapatan rumah tangga dari anak yang menggunakan jejaring sosial turut memengaruhi pilihan jejaring sosial yang mereka gunakan, di mana Instagram dan Snapchat populer di kalangan anak-anak dari keluarga kaya.

Survei terhadap remaja tersebut menemukan bahwa 73% remaja yang berusia antara 13 hingga 17 tahun memiliki smartphone dan 30 persen lainnya memiliki setidaknya feature phone. Meskipun 87% remaja memiliki akses ke komputer, 91% dari remaja tersebut online setiap hari dengan menggunakan perangkat mobile.

Survei tersebut juga menemukan bahwa remaja Afrika-Amerika dan Hispanic merupakan salah satu pengguna internet yang paling aktif. Sebanyak 34% remaja Afrika-Amerika melaporkan mereka online hampir terus-menerus, sedangkan remaja Hispanic sebanyak 32% dan remaja kulit putih sebesar 19%.

Para peneliti menemukan Facebook tetap merupakan jaringan media sosial yang dominan untuk anak muda Amerika meskipun munculnya platform baru. Di antara para remaja yang disurvei, 71% mengatakan mereka menggunakan Facebook dan sebesar 52% menggunakan Instagram.

Ditanya tentang media sosial lainnya, 41% remaja mengatakan mereka menggunakan Snapchat, 33% Twitter dan Google Plus, 24% berada di Vine dan 14% Tumblr. Angka tersebut tampaknya meredakan kekhawatiran bahwa Facebook telah dan sedang ditinggalkan oleh anak muda sebagai akibat lebih banyaknya pengguna internet yang lebih tua bergabung dengan jaringan sosial terbesar di dunia tersebut.

Ada beberapa perbedaan yang menarik di platform sosial yang paling sering digunakan, yaitu remaja berpenghasilan rendah menggunakan Facebook lebih sering, sementara remaja kaya kurang sering di Facebook dan lebih sering menggunakan Snapchat atau Twitter.

Sumber: Pew Research via Daily Mail