Tendon Ibu Jari Pecah karena Kecanduan Candy Crush

rsz_cc

Sesuatu yang berlebihan memang berakibat tidak baik, termasuk jika Anda kecanduan bermain game Candy Crush. Seorang pria mengalami pecah tendon di ibu jarinya karena bermain Candy Crush Saga. Pria asal California tersebut  memainkan permainan Candy Crush sepanjang hari setiap hari selama antara enam dan delapan minggu dengan hanya menggunakan tangan kirinya, sementara tangan kanannya melakukan tugas sehari-hari. Gerakan berulang pada layar sentuh dalam waktu yang lama menyebabkan tendon ibu jarinya pecah, tidak pada titik tendon tertipis atau tulang di mana jenis cedera biasanya terjadi, tetapi pada titik yang tebal.

Hal yang tidak biasa tentang cedera di ibu jari manusia adalah tingginya tingkat rasa sakit yang akan hadir menjelang pecah. Para penulis laporan menemukan priatersebut tidak mengalami rasa sakit saat bermain game yang menunjukkan kecanduannya bermain Candy Crush menghilangkan rasa sakit. Hal ini karena bermain video game atau game tidak hanya melepaskan zat kimia dalam otak yang terkait dengan kesenangan dan kegembiraan, tetapi mereka juga memiliki potensi untuk bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit.

Cedera akibat smartphone bukanlah hal yang baru. Dengan kasus ini berarti cedera tersebut juga terjadi meskipun pengguna telah menggunakan layar sentuh, bukan lagi keyboard fisik seperti yang terjadi pada BlackBerry. Peristiwa ini juga memberikan pelajaran bahwa bermain game ada batasnya dan ada risiko bila batas tersebut dilanggar seperti mengalami cedera.

Sebaiknya Anda jangan meniru apa yang dilakukan pria ini.

Sumber: The Guardian

Sumber Gambar: kgcetimeline.com