Tips dan Trik Menjadi Bintang di YouTube

YouTube_ATN47P_3153274b

Youtube merupakan pemimpin dalam ranah video online. Layanan ini memiliki view miliaran dalam sebulan. Tidak heran sangat banyak orang yang ingin sukses di Youtube karena tingkat view-nya yang tinggi yang nantinya akan berujung pada ketenaran dan pendapatan.

Bila Anda lihat di YouTube sudah sangat banyak mereka yang sukses di sana. Mereka seperti memiliki dunia sendiri dan punya fans yang sangat banyak. Tentunya kesuksesan mereka bukanlah sesuatu yang tiba-tiba. Mereka umumnya memulai dari nol dan terus-menerus memperbaiki diri dan pada akhirnya sukses. Salah satu bintang di YouTube ini adalah Luzu yang memiliki pengikut lebih dari 1,6 juta orang.

Luzu memberikan beberapa tips dan trik agar bisa menjadi bintang di YouTube yaitu sebagai berikut.

1. Jangan Hanya Mengikuti Tren

Tren sesuatu yang bagus untuk diketahui, namun belum tentu harus mengikutinya. Ada baiknya Anda memulai dengan sesuatu yang belum pernah Anda lihat di YouTube. Ini artinya Anda harus mencari sesuatu yang berbeda, bukan hanya sekadar ikut tren, seperti kebanyakan pengguna lainnya.

2. Bersabarlah

Pada awal-awal Anda membuat channel di YouTube mungkin tidak ada yang menonton video tersebut. Anda harus bersabar bahwa kesuksesan tidak bisa datang dalam sekejap mata. Teruslah berusaha membuat video yang bagus yang bisa menarik banyak pengguna untuk menontonnya.

3. Investasilah di Peralatan

Jika Anda saat ini sudah punya smartphone bagus untuk membuat video, sebenarnya itu sudah cukup untuk membuat video bagus yang berbeda dengan video-video lainnya. Hal ini pada dasarnya Anda berusaha dengan modal nol rupiah. Ketika video Anda banyak ditonton pendapatan mulai mengalir dan terus meningkat setiap harinya. Nantinya pendapatan ini ada baiknya diinvestasikan ke peralatan untuk membuat video yang lebih baik.

4. Tak Perlu Banyak Crew

Untuk membuat video berkualitas bagus di YouTube Anda tidak butuh banyak crew untuk mengerjakannya. Luzu sendiri hanya punya satu kru yang membantunya. Paling banyak Anda hanya butuh dua orang crew, jadi Anda bisa berhemat anggaran dan membuat video tetap bisa dilakukan. Hal yang terpenting adalah membuat video yang bagus yang menarik untuk ditonton.

5. Berinvestasilah di Media Sosial

Media sosial memainkan peranan penting saat sekarang ini, tidak terkecuali bagi pembuat video di YouTube. Anda perlu terlibat di berbagai media sosial seperti Google Plus atau Twitter dan berinteraksi dengan fans Anda di sana. Di YouTube pun Anda juga perlu dekat dengan fans, menjawab pertanyaan mereka atau sekadar hangout. Ini cukup penting agar video Anda memiliki view yang tinggi dan penonton baru terus datang.

6. Kolaborasi dengan yang Lain

Pada titik tertentu, Anda perlu berkolaborasi dengan pembuat video lainnya di YouTube. Membuat sebuah video keroyokan merupakan ide bagus agar Anda lebih dikenal. Akan sangat menguntungkan lagi bila orang yang Anda ajak berkolaborasi sudah lebih dahulu terkenal. Dalam berkolaborasi ini, Anda jangan melupakan apa yang telah Anda lakukan. Bawalah ide-ide original yang telah Anda videokan ke dalam karya kolaborasi tersebut.

Nah, siap menjadi bintang di YouTube?

Sumber: Diolah dari The Guardian

Sumber Gambar: The Telegraph