17% Pengguna Selfie Saat Mengemudi

rsz_article-2584908-1c6ed27b00000578-794_634x414

Perilaku pengguna smartphone saat ini cenderung berisiko. Selain membahayakan diri sendiri, juga terkadang membuat repot orang lain. Contohnya mengambil foto selfie di daerah yang berbahaya atau sambil mengemudi.

Survei yang dilakukan operator telekomunikasi AT&T yang bekerja sama dengan Braun di AS menunjukkan sebanyak 17% pengguna mengambil foto selfie dan foto lainnya saat mengemudi. Perilaku ini tentu sangat berbahaya. Penelitian baru yang dilakukan oleh AT & T dan Braun ini menawarkan beberapa gagasan tentang berapa banyak pengguna smartphone telah kehilangan pikiran ketika mereka berada di belakang kemudi.

Penelitian tersebut menunjukkan tujuh puluh persen dari responden mengaku mereka melakukan sesuatu dengan ponsel mereka saat mengemudi dan enam puluh satu persen mengaku ber- SMS-an saat mengemudi. Sebanyak 31 persen mengaku mengirim email saat mengemudi.

Jumlah yang cukup membuat kita berdebar adalah sebanyak 28 persen mengatakan mereka berselancar di web saat mengemudi. Namun yang lebih ajaib tentunya adalah sebanyak 17 persen responden mengatakan mereka mengambil selfie atau foto lainnya saat mengemudi.

Penelitian yang dilakukan terhadap 2.067 orang yang berusia 18-65 juga menunjukkan fakta lain, yaitu sebanyak tiga puluh persen dari responden mengaku mem-posting di Twitter saat mengemudi dan dua puluh delapan persen mengatakan berselancar di Facebook saat mengemudi.

Perilaku pengguna smartphone seperti diungkap oleh penelitian di atas tentu sangat mengherankan karena mengemudi membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Perilaku membahayakan tersebut tentunya tidak hanya berakibat fatal bagi pengemudi sendiri, tetapi juga bagi orang lain.

Sumber: CNet

Sumber Foto: Daily Mail