Apakah Anda Kecanduan Smartphone?

woman-bed-smartpho_2882323b

Seketika bangun pagi, apa yang pertama Anda kerjakan?

Hal pertama yang sering dilakukan banyak orang ketika bangun di pagi hari, selagi mereka masih di tempat tidur adalah untuk mengambil smartphone, menekan aplikasi Twitter atau Facebook dan melihat apa yang terjadi di dunia. Hal tersebut  juga merupakan hal terakhir yang dilakukan banyak orang sebelum mematikan lampu di malam hari. Bahkan ketika mereka terbangun di tengah malam, yang mereka tengok adalah smartphone.

Kecanduan smartphone kini sudah luar biasa. Berita yang muncul secara instan, gosip, analisis dan foto dan banyak hal lainnya membuat pengguna tidak berannjak dari smartphone mereka. Kini banyak orang yang mengalami  nomophobic, yaitu rasa takut tidak memegang smartphone.

Menurut laporan terbaru oleh Ofcom, di Inggris jumlah rata-rata yang dihabiskan untuk online naik lebih dari dua kali lipat dari 9,9 jam seminggu 10 tahun yang lalu menjadi 20,5 jam seminggu. Laporan lain menunjukkan rata-rata orang Inggris memeriksa ponsel mereka 50 kali dalam satu hari. Kini banyak orang yang tidak bisa melakukan tugas yang paling remeh, misalnya  membuat menu makan siang anak-anak hingga membersihkan gigi tanpa menggesek layar smartphone dan melihat apakah sesuatu telah terjadi.

Dr Richard Graham seorang konsultan psikiater remaja di Rumah Sakit Nightingale Inggris dan ahli dalam kecanduan teknologi mengatakan masalah kecanduan telah menjadi jauh lebih buruk dalam beberapa tahun terakhir karena meningkatnya jumlah perangkat yang dapat digunakan untuk terhubung ke internet, mulai dari komputer tablet ke wearable tech seperti gelang Fitbit yang bisa mengukur denyut jantung.

Dr Graham menyarankan pecandu smartphone harus mempertimbangkan tidak memakai smartphone sama sekali untuk setidaknya beberapa hari. Pengguna harus bisa menantang diri mereka setidaknya akhir pekan, idealnya akhir pekan yang panjang untuk tidak menggunakan smartphone. Pecandu smartphone juga disarankan untuk membuat orang lain bergabung bersama untuk mendapatkan mengendalikan smartphone. Dr Graham  mengatakan bahwa kecanduan ponsel bisa merusak seperti kecanduan alkohol atau judi.

Sumber: Diolah dari The Telegraph

Sumber Foto: The Telegraph