ICT Watch Turut Ikut Tolak internet.org

rsz_internetorg

Beberapa waktu lalu telah diberitakan banyak pihak yang menolak dan melakukan petisi untuk menolak internet.org milik Facebook aktif di jagat internet karena diklaim telah melanggar netralitas internet, kebebasan berpendapat, privasi, keamanan, serta zero rating.

Internet.org telah diluncurkan oleh pendiri Facebook, Mark Zuckerberg di Indonesia dengan menggandeng operator lokal, Indosat bulan april lalu untuk memberikan akses internet gratis bagi wilayah-wilayah yang belum tersentuh oleh internet, tetapi akses gratis hanya diberikan pada situs tertentu saja.

internet.org diklaim telah melanggar netralitas internet, kebebasan berpendapat, privasi, keamanan, serta zero rating.

Sedangkan netralitas internet mengharuskan semua konten, layanan, serta aplikasi diperlakukan sama, tanpa diskriminasi. Konsep zero rating inilah yang membuat beberapa negara seperti Kanada, Belanda, Slovenia, dan Chile memblokir program ini.

Dengan diadakan petisi oleh beberapa organisasi baik pemerintah maupun non-pemerintah beberapa waktu lalu kini ICT Watch ikut turut menandatangai petisi penolakan terhadap internet.org. Masyarakat Telekomunikasi Indonesia (Mastel) dan Menkominfo juga turut menolak dengan program dari CEO Facebook tersebut walau dengan alasan yang berbeda.

Sumber: bintangweb.com