Jaringan Komputer Penn State Disusupi Malware

Hackers0_2568369b

Penn State University terpaksa memadamkan jaringan komputer mereka  setelah disusupi serangan malware yang ditelusuri sebagian berasal dari China. Penn State menemukan bahwa jaringan PC-nya di bagian College of Engineering terinfeksi malware yang tampaknya mencoba untuk memanen data penelitian dan informasi pribadi.

Universitas yang berada di Pennsylvania tersebut mengatakan dalam pengumuman bahwa mereka sengaja  menonaktifkan jaringan komputer di  College of Engineering untuk menangggulangi  serangan tersebut. Pemadaman jaringan diperkirakan akan berlangsung selama beberapa hari, tetapi kuliah dapat  terus berlangsung seperti biasa.

Penn State mengatakan bahwa mereka telah menyewa  perusahaan keamanan Mandiant yang telah menyimpulkan bahwa setidaknya satu dari serangan malware tersebut berasal dari China. Serangan dilakukan dalam upaya untuk memanen informasi penelitian dan kekayaan intelektual.

Shutdown jaringan dilakukan menyusul penyelidikan hampir enam bulan yang dipicu oleh peringatan FBI. Penn State  diberitahu oleh FBI pada bulan November 2014 yang lalu dan mulai menyelidiki jaringan untuk melacak sumber serangan.

Peneliti mampu menemukan dua infeksi malware yang terus-menerus bersembunyi di jaringan engineering school. Malware diduga telah berada di sana sejak bulan September 2012.

Penn State mengatakan bahwa sementara ini tampaknya tidak ada data penelitian yang dicuri, namun penyerang mampu memanen akun pengguna dan cache dari 18.000 nomor Jaminan Sosial dari salah satu PC yang terinfeksi.

Sumber: The Register