Kecanduan terhadap Ponsel Makin Mengkhawatirkan

phoneaddiction_2249742b

Manusia modern sekarang ini sangat candu ponsel. Penelitian terdahulu telah membuktikan hal ini. Namun penelitian yang lebih baru menunjukkan bukti bahwa kecanduan ponsel tersebut mungkin sudah mencapai tahap mengkhawatirkan.

Penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa rata-rata warga Inggris menghabiskan setara dengan dua hari kerja dalam seminggu pada ponsel mereka, seperempat dari mereka memeriksa ponsel sebanyak 50 kali sehari.

Bahkan yang lebih mengkhawatirkan adalah seperlima warga Inggris saat ini begitu terobsesi dengan smartphone mereka. Hal ini dibuktikan dengan fakta mereka menggunakan smartphone ketika berada di toilet.

Hampir sepertiga (29 persen) memeriksa ponsel mereka merupakan hal terakhir yang mereka lakukan sebelum mereka tidur, sementara 18 persen memeriksa ponsel segera setelah mereka bangun dan 14 persen akan melihat ponsel jika mereka terbangun di malam hari.

Jika semua waktu penggunaan ponsel tersebut dijumlahkan maka dalam sehari orang Inggris menghabiskan waktu di ponsel mereka sebanyak dua jam dan 13 menit, setara dengan hampir 16 jam seminggu.

Pengguna usia muda merupakan pengguna yang paling akrab dengan ponsel mereka. Hampir setengah (46 persen) dari mereka yang berumur 18 sampai 24 tahun memeriksa ponsel mereka setidaknya sekali dalam setiap 15 menit.

Fakta yang agak mengejutkan adalah bahwa proporsi yang relatif kecil dari waktu yang dihabiskan untuk membuat panggilan atau mengirim pesan teks. Rata-rata pengguna sekarang menghabiskan kurang dari tiga jam seminggu menghubungi orang dengan cara tersebut. Sebaliknya, pengguna menghabiskan waktu mereka dengan berada di jaringan sosial, melihat-lihat foto-foto dan melakukan perbankan dan belanja online.

Penelitian tersebut juga membuka fakta meningkatnya  obsesi masyarakat Inggris terhadap diri mereka sendiri. Orang Inggris rata-rata menghabiskan 35 menit seminggu untuk selfie dan 35 menit seminggu menggunakan fungsi reverse camera sebagai pengganti cermin.

Ponsel tampaknya telah menjadi begitu penting bagi kehidupan masyarakat. Menurut penelitian tersebut, satu dari sepuluh orang Inggris lebih suka mengorbankan waktu dengan orang yang mereka cintai daripada kehilangan ponsel.

Sumber: Daily Mail

Sumber Gambar: The Telegraph