Rentang Perhatian Manusia Menurun

girl-browsing-internet-on-tablet

Smartphone tidak hanya membuat manusia tergantung kepadanya, tetapi juga mengurangi rentang perhatian manusia. Rentang perhatian adalah sejumlah waktu yang dihabiskan untuk satu tugas tertentu tanpa terganggu.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Microsoft menyoroti memburuknya rentang perhatian dari manusia. Studi tersebut mengatakan bahwa rentang perhatian manusia telah turun dari 12 detik di tahun 2000 menjadi delapan detik. Menurut para ilmuwan, era smartphone telah menyebabkan rentang perhatian manusia menurun menjadi bahkan lebih pendek dibandingkan ikan mas yang dapat menahan pikiran lebih lama, yaitu sembilan detik.

Para peneliti mensurvei 2.000 peserta di Kanada dan mempelajari aktivitas otak dari 112 orang lain menggunakan electroencephalograms. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata rentang perhatian manusia telah turun dari 12 detik pada tahun 2000 atau sekitar waktu revolusi ponsel mulai, menjadi delapan detik. Namun penelitian ini menemukan bahwa kemampuan manusia untuk melakukan multitasking telah membaik.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa  peserta yang memiliki gaya hidup yang lebih digital (mengkonsumsi lebih banyak media, multi-screener, penggemar media sosial, atau pengadopsi awal teknologi) kesulitan untuk fokus dalam lingkungan di mana perhatian dalam jangka waktu yang lama diperlukan.

Rasa-rasanya penelitian tersebut di atas ada benarnya. Manusia dengan gadget di tangan saat ini agak kesulitan untuk fokus kepada suatu kegiatan yang membutuhkan perhatian yang lama. Manusia saat ini cenderung tidak bisa bertahan cukup lama untuk memperhatikan sesuatu. Hal ini karena adanya gangguan yang muncul setiap saat dari perangkat.

Sumber: The Telegraph