Emoji Pengganti Password Perbankan

53b76bda9d2dd_-_cos-01-emoji-de

Popularitas emoji kini sedang meningkat. Hal ini menarik bisnis perbakan untuk memanfaatkannya sebagai pengganti passwordBritish Intelligent Environments mengatakan bahwa mereka dalam diskusi dengan bank online untuk menjual apa yang disebut sebagai skema otentikasi pertama untuk menggantikan password dengan emoji.

Perusahaan tersebut mengklaim emoji memiliki 480 lebih permutasi dibandingkan dengan kode akses empat digit setara. Sayangnya hal ini harus terlebih dahulu diverifikasi secara independen.

David Webber managing director Intelligent Environments mengatakan konsep ini kemungkinan besar tidak bisa dipatenkan, tetapi mungkin yang pertama dari jenisnya. Ia menambahkan bahwa Intelligent Environments memperoleh banyak masukan dari millenials (generasi Y) ketika mengembangkan teknologi. Hal yang jelas adalah bahwa generasi muda berkomunikasi dengan cara baru, salah satunya dengan emoji.

Penelitian Intelligent Environments menunjukkan 64 persen dari generasi Y  berkomunikasi menggunakan emoji secara teratur. Intelligent Environments mengatakan PIN memiliki  7.290 permutasi unik dari empat nomor yang tidak berulang, sedangkan kode emoji memiliki 3.498.308.

Konsepnya mirip dengan penggunaan gambar sebagai alternatif untuk password. Sebagaimana kita ketahui, Microsoft memungkinkan pengguna untuk login menggunakan gambar di Windows 8.

Emojis akan terbukti lebih mudah untuk diingat dan mungkin lebih cepat untuk login  berkat efek superioritas gambar. Sistem emoji ini masih bisa rusak bila pengguna memilih emoji secara berurutan, seperti memilih password QWERTY.

Sumber: The Register

Sumber Foto: Cosmopolitan