Kerugian Akibat Cyber Attack Naik Dua Kali Lipat

shutterstock_97680701

Kerugian yang timbul dari serangan hacking dan pelanggaran keamanan telah naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Hal ini diungkapkan oleh laporan terbaru pemerintah Inggris.

Kerugian tahap awal akibat  pelanggaran keamanan skala besar di perusahaan besar naik menjadi rata-rata  1,46 juta pound. Angka ini naik tinggi dibandingkan tahun lalu yang hanya 600.000 pound. Perusahaan-perusahaan kecil juga tidak kebal terhadap serangan cyber yang bisa menguras keuangan. Minimal mereka harus membayar 310.000 pound naik dari 115.000 pound di tahun 2014 yang lalu.

Akibat serangan cyber juga tergolong parah. Ini dibuktikan dengan fakta bahwa satu dari 10 perusahaan yang mengalami pelanggaran keamanan mengatakan mereka telah mengubah sifat bisnis mereka sebagai akibat serangan tersebut.

Survei yang dilakukan perusahaan konsultan PwC tersebut juga menemukan bahwa 90 persen dari perusahaan/organisasi besar mengalami serangan cyber dalam setahun, naik sebesar sembilan persen. Untuk usaha kecil angkanya menjadi 74 persen, naik dari 60 persen tahun lalu.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa sementara keamanan pada sistem komputer tradisional ditangani, ketergantungan terhadap smartphone dan tablet bisa membuat perusahaan terbuka untuk diserang. Jumlah perusahaan yang melaporkan pelanggaran keamanan melalui perangkat mobile naik lebih dari dua kali lipat dari 7 persen tahun lalu menjadi 15 persen tahun ini.

Human error adalah bidang yang meningkat tingkat kerentanannya. Proporsi organisasi besar menderita pelanggaran yang terkait dengan karyawan naik ke angka 75 persen dari 60 persen di tahun yang lalu.

Sumber: The Telegraph