Kerugian Industri Akibat Cyber Attack Mencapai 34 miliar pound

da85c45c-eade-4e3c-85ff-a45acfe6bf4a_169

Cyber attack menimbulkan kerugian yang sangat besar di Inggris. Diperkirakan sebanyak 34 miliar pound uang dihabiskan dalam setahun untuk melawan cyber attack dan memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan oleh hacker yang menembus sistem keamanan.

Jumlah uang yang sangat besar tersebut merupakan konsekuensi meningkatnya ancaman dari kejahatan online yang diungkapkan oleh penelitian CEBR dan kelompok keamanan komputer Veracode.

Lebih dari setengah dari 34 miliar pound atau tepatnya sekitar 18 miliar pound berasal dari pendapatan yang hilang sebagai akibat dari serangan hacker yang sukses dan sisanya sebanyak 16 miliar pound merupakan peningkatan belanja perusahaan untuk teknologi informasi karena mereka ingin memperkuat pertahanan mereka dari serangan hacker.

Ancaman serangan online juga membatasi kemampuan perusahaan untuk tumbuh. Ini dibuktikan oleh tujuh dari 10  chief technology officers mengatakan bahwa kebijakan cybersecurity menahan inovasi di dalam bisnis.

Adrian Beck, direktur keamanan perusahaan Veracode, mengatakan bisnis dan pemerintah perlu menyeimbangkan regulasi dan menyesuaikannya dengan kebutuhan untuk berinovasi. Ada tekanan besar untuk berinovasi, tetapi hyper connected dan globalisasi berarti adanya peningkatan risiko serangan.

Salah satu cara perusahaan melakukan hal tersebut adalah dengan membentuk Shadow IT, daerah aman yang terisolasi dari sistem sehari-hari perusahaan di mana  teknologi canggih dapat diuji dan diimplementasikan.

Penelitian tersebut juga melihat  industri Inggris mana yang merasa bahwa mereka adalah yang paling berisiko dari hacker dengan mengukur peningkatan pengeluaran mereka di bidang IT dan persentase pendapatan yang hilang sebagai akibat dari pelanggaran cybersecurity.

Sumber: The Telegraph