Kontrol Privasi dan Keamanan Akun Google dengan My Account

15_inside_google_181010

Isu privasi dan keamanan akun merupakan isu sangat penting dalam layanan di internet. Untuk itulah setiap perusahaan berusaha memperbaiki fitur privasi dan keamanan untuk memberikan kondisi nyaman bagi pengguna. Hal ini juga dilakukan oleh Google.

Google telah meluncurkan hub privasi dan keamanan baru yang disebut My Account yang dirancang untuk memberikan penjelasan kepada pengguna di mana dan bagaimana data mereka sedang disimpan oleh Google.

Dashboard yang telah diperbaiki tersebut dapat diakses olehpengguna yang tidak memiliki atau belum masuk ke akun Google untuk pertama kalinya, yang meliputi pengaturan keamanan, informasi pribadi dan privasi dan preferensi akun lainnya.

Pengguna dapat mengatur tingkat keamanan mereka untuk kegiatan sehari-hari ketika menggunakan Google dengan mudah, termasuk apakah mereka ingin memblokir pengiklan tertentu dari hasil pencarian mereka, mengontrol jenis informasi pribadi yang terkait dengan akun Google dan data lokasi yang disimpan.

Google menyatakan ingin membuat kontrol tersebut mudah digunakan dan diakses untuk membantu pengguna melindungi data mereka dan melindungi privasi mereka secara online dengan lebih baik. Pengguna juga dapat memeriksa jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan, termasuk apakah Google menjual informasi pribadi dan apa yang dilakukannya dengan data yang dikumpulkan, serta copy dari konten  pengguna  untuk digunakan dalam layanan lainnya, misalnya foto pengguna yang dijadikan latar dalam iklan tertentu.

Dengan hub baru ini Google berharap pengguna dapat dengan mudah mengatur privasi dan keamanan akun mereka. Dengan lebih mudah diatur dan diakses, pengguna menjadi lebih tertarik untuk memperbaiki keamanan akun Google, misalnya mengganti password. Selain itu, pengguna juga bisa mengetahui bagaimana Google memperlakukan data mereka. Ini merupakan langkah maju demi pengalaman pengguna yang lebih baik.

Sumber: Google via The Telegraph