Pendiri Silk Road Dipenjara Seumur Hidup

Silk_Road_Security_Upgrade

Dalang dibalik Silk Road, bazaar obat gelap online dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat. Ross Ulbricht yang berusia 31 tahun  menjalankan bisnis penjualan obat gelap di dark web yang disebut Amazon of drug dealing.

Ulbricht yang berasal dari California terbukti bersalah pada bulan Februari atas tujuh tuduhan termasuk perdagangan narkoba, hacking komputer dan pencucian uang. Ia dihukun dua kali hukuman seumur hidup, ditambah hukuman lain selama lima tahun, 15 tahun dan 20 tahun yang harus dijalani secara bersamaan.

Silk Road yang didirikan Ulbricht memfasilitasi pembelian dan penjualan obat senilai 213 juta dollar AS, termasuk heroin, kokain, ekstasi dan amfetamin, oleh ribuan dealer dan pengguna di seluruh dunia selama dua tahun. Setidaknya enam orang meninggal terkait kasus jual-beli obat-obatan ini.

Silk Road didirikan pada tahun 2011 dan dioperasikan oleh Ulbricht dengan nama Dread Pirate Roberts yang mengacu ke karakter petualang dalam film The Princess Bride. Proses jual-belinya menggunakan mata uang virtual Bitcoin sehingga sulit bagi investigator untuk melacak transaksi yang dilakukan. Situs ini juga menawarkan  tagihan palsu untuk dijual, paspor dan lisensi mengemudi palsu, informasi kartu kredit yang dicuri dan jasa pembunuh bayaran.

Dua tahun setelah diluncurkan FBI melacak Ulbricht dan menangkapnya ketika ia  sedang duduk di depan  laptopnya di perpustakaan umum di San Francisco.

Pada saat itu, Silk Road telah memfasilitasi 1,5 juta transaksi dan Ulbricht memperoleh pendapatan senilai 18 juta dollar AS sebagai komisi penjualan.
Awalnya Ulbricht mengklaim bahwa dirinya bukanlah  Dread Pirate Roberts. Ia juga mengklaim bahwa apa yang dilakukannya telah menguntungkan masyarakat dengan mengambil narkoba dari jalanan.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: brettsanders.me