Peta Interaktif Terbit dan Tenggelamnya Matahari di Instagram

instagram-sign

Salah satu manfaat media sosial seperti Instagram adalah tempat berkumpulnya raw data yang bisa dijadikan sumber untuk membuat tools interaktif, misalnya peta interaktif tentang terbit dan tenggelamnya matahari di seluruh dunia. Dengan melihat dan menganalisis tagar Sunrise dan Sunset di Instagram, peta interaktif ini menjadi kenyataan.

Adalah Michelle Chandra yang melakukan hal ini. Menurutnya, sebagaimana ia tuliskan dalam situsnya bahwa manusia hidup di dunia mengikuti ide waktu tertentu, standar waktu disinkronkan di suatu tempat oleh zona waktu, jam, dan kalender. Pengguna Instagram mengungkapkan ide yang berbeda waktu, waktu yang tidak teratur bertekstur kaya di mana matahari terbenam dan akhir hari untuk satu individu adalah awal dari hari yang lain merupakan loop yang tidak pernah berakhir.

Our Suns adalah visualisasi peta foto dengan tagar #sunset dan #sunrise yang diupload ke Instagram dalam waktu 24 jam terakhir dan diperbarui secara real time. Pengguna Instagram biasanya meng-upload foto matahari terbenam dalam waktu 4 jam setelah matahari terbenam, sedangkan untuk matahari terbit banyak pengguna Instagram menunggu sampai akhir hari untuk mengupload foto matahari terbit.

Di dalam peta interaktif ini bisa terlihat semakin dekat waktu pengguna etika mengupload foto untuk sunset atau sunrise dari waktu yang sebenarnya semakin besar titik yang ditunjukkan pada peta. Ini menandakan suatu keakuratan, jadi bila titik yang terlihat kecil sekali itu artinya sunset atau sunrise di daerah tersebut sudah cukup lama berakhir.

Secara ide, peta interaktif yang dihasilkan dari memanfaatkan tagar sunset dan sunrise di Instagram ini menarik. Kita bisa mengetahui daerah-daerah mana saja yang saat itu matahari tenggelam dan terbit.

Anda bisa melihat langsung peta interaktif tersebut di Link Ini.