Rahasia Membuat Video YouTube yang Populer

YouTube_logo

Anda mungkin pernah menonton video populer di YouTube seperti Charlie bit my finger – again! yang ditonton sebanyak hampir 850 juta view. Pertanyaannya tentu saja mengapa video tersebut banyak sekali yang menonton, sementara video lainnya hanya ditonton sangat sedikit bahkan bisa dihitung dengan jari?

Hal ini terkait dengan beberapa rahasia untuk membuat video yang populer di YouTube. Rahasianya adalah sebagai berikut.

1. Langsung ke Poin

Detik-detik pertama video di YouTube adalah saat yang krusial. Para pembuat video yang ingin videonya populer harus menyadari hal ini. Buatlah video tersebut langsung ke poin, jangan bertele-tele dengan memberikan berbagai macam kata pembuka.

2. Berikan Judul yang Tepat

YouTube merupakan mesin pencari kedua terbesar setelah Google. Ini perlu diketahui sehingga membuat judul video yang tepat sangatlah penting. Judul yang tepat membuat video lebih mudah ditemukan dan membuka peluang untuk ditonton.

3. Buatlah Thumbnail yang Menarik Mata

Thumbnail merupakan unsur penting dalam SEO di YouTube. Pengguna YouTube melakukan scrolling video sangat cepat sehingga ketika thumbnail video Anda tidak menarik, video Anda tidak akan ditonton.

4. Usahakan Video Anda Terlihat

Dengan jutaan video yang diunggah pengguna, sangat kecil kemungkinan video Anda memperoleh perhatian pengguna secara langsung. Untuk itu, bagilah link video Anda ke berbagai media, misalnya media sosial, melalui email bahkan mungkin kampanye offline.

5. Tentukan Channel Video yang Tepat

Pemilihan channel juga turut memengaruhi. Di YouTube channel 18-35 tahun mungkin channel yang pas untuk berbagai jenis video sehingga video anda bisa Anda tempatkan di sini.

6. Lakukan Endorsement

Bila punya koneksi dengan pembuat video YouTube yang telah lebih dulu terkenal, ada baiknya Anda memintanya untuk mengampanyekan video Anda. Sebagai bintang YouTube tentu ia lebih bisa menarik banyak penonton daripada Anda.

Sumber: Diadaptasi dari The Telegraph

Sumber Foto: gmanews.tv