Robot Gantikan Petugas Imigrasi

robots-002_3347926b

Robot diperkirakan bisa menggantikan petugas imigrasi jika teknologi bandara baru yang diresmikan di Paris Air Show diadopsi oleh pengelola bandara.

Sebuah desain mesin futuristik dari perusahaan sistem listrik Prancis, Thales memungkinkan penumpang untuk memotong check-in melalui meja atau tidak perlu lagi chek-in melalui petugas.

Perusahaan Prancis ini telah merancang mesin yang bisa men-scan paspor, mencetak boarding pass dan kemajuan paling nyata adalah membuat rekaman wajah dan mata penumpang dan membagi semua informasi tersebut dengan semua komputer di sekitar bandara.

Foto penumpang sudah dalam sistem ketika penumpang tiba di meja imigrasi memungkinkan robot putih tinggi ini untuk secara otomatis mengkonfirmasi identitas seseorang tanpa perlu seorang staf manusia.

Menurut Pascal Zenoni dari Thales hanya perlu satu petugas untuk setiap empat atau lima robot tersebut dan sistem ini dapat mengurangi staf dan polisi serta menciptakan lebih banyak ruang di bandara.

Foto wajah penumpang juga dicetak dalam bentuk terenkripsi di boarding pass sehingga dapat dipindai oleh staf di pintu gerbang untuk pemeriksaan identitas akhir.

Jika nantinya robot ini diadopsi, tentu saja setiap bandara tidak lagi memerlukan banyak petugas, terutama yang terkait dengan petugas imigrasi dan polisi. Robot ini akan bekerja lebih efisien dan dapat menghemat anggaran gaji pengelola bandara.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: The Telegraph