Anak Muda Tinggalkan Televisi, Beralih ke Streaming

smartphone watching videomind_1

Anak muda mulai meninggalkan televisi di ruang tamu mereka dan lebih memilih untuk melakukan streaming video pada tablet dan smartphone mereka. Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian baru.

Ofcom melaporkan anak muda di Inggris yang berusia antara 16 sampai 24 tahun hanya menonton setengah dari TV mereka yang nyala, sebagian besar sisa waktu mereka digunakan untuk mengambil layanan video on demand seperti Netflix, Amazon Instant Video, BBC iPlayer dan All4.

Menonton berita televisi pada kelompok usia yang sama mengalami penurunan sebesar  29 persen antara tahun 2008 dan 2014 menjadi 39 menit per orang per minggu. Tiga dari lima orang anak muda pada usia tersebut mengakses berita online dan 50 persen mempertimbangkan internet sebagai sumber paling penting bagi mereka untuk berita dunia.

Meskipun konsumsi televisi tetap tinggi secara keseluruhan, Ofcom mengklaim bahwa perilaku anak muda ini mungkin merupakan indikasi awal dari pergeseran yang lebih besar di seluruh kelompok usia terhadap layanan on demand dan menonton secara online.

Penelitian literasi media terbaru dari Ofcom menunjukkan bahwa penggunaan televisi online atau layanan on demand online secara mingguan tumbuh 25 persen pada kelompok usia 35 hingga 44 tahun sejak tahun 2007.

Tampaknya memang sudah terjadi pergeseran perilaku, tidak hanya di Inggris, tetapi juga di sebagian besar negara lain yang memiliki akses cepat internet. Kini anak-anak muda di AS, Jepang atau Korea Selatan lebih menyukai video on demand atau melakukan streaming di smartphone atau tablet mereka karena lebih pribadi dan lebih bisa menentukan apa yang mereka tonton.

Kemajuan di teknologi smartphone dan tablet serta kecepatan internet yang terus membaik menjadi pendorong pergeseran perilaku ini.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: ooyala.com