Disney Paksa Toko Pakaian Menyerahkan Domain Star Wars

rsz_411717-disney-logo-color

Sebuah toko pakaian mewah yang berbasis di Berkshire, Inggris tengah dipaksa untuk menyerah alamat web starwars.co.uk setelah mereka kalah dalam pertempuran hukum dengan Disney.

Perusahaan Inggris tersebut telah menggunakan nama domain   starwars.co.uk bersama dengan beberapa variasi lainnya seperti star-wars.co.uk, star-wars.uk dan starwars.uk selama lebih dari satu dekade.

Semua halaman web tersebut di atas akan mengarahkan pembeli ke bagian toko Jokers’ Masquerade web store yang diselenggarakan oleh joke.co.uk di mana perusahaan menjual kostum bertema Star Wars.

Disney meminta perusahaan induk toko kostum tersebut, yaitu Absciss untuk menyerahkan domain mereka tahun lalu, tetapi Absciss menolak. Sekarang, Nominet badan yang mengawasi domain .uk, telah memutuskan bahwa Absciss harus menyerahkan domain tersebut kepada Disney.

Menurut pakar Nominet Steve Ormand, nama Star Wars tidak bisa mengacu kepada orang lain selain pemohon dalam hal ini Disney. Star Wars adalah istilah yang unik yang diciptakan oleh Disney untuk tujuan film fiksi ilmiah yang dirilis pada tahun 1977 dan ditingkatkan ke berbagai film lanjutan yang telah dirilis.

Menurut pandangan Steve Ormand sangat mungkin bahwa setiap pengguna mencari Star Wars dan kemudian tiba di situs termohon ( Absciss) akan mengalami kebingungan terkait koneksi komersial dengan pemohon (Disney).

Absciss memiliki waktu sampai dengan pukul 23.59 tanggal 20 Juli wanktu setempat untuk mengajukan banding. Jika tidak ada banding pada saat itu, domain akan ditransfer ke Lucasfilm yang diakuisisi oleh Disney dengan nilai sebesar 4,06 miliar dollar pada tahun 2012 yang lalu.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: comicvine.com