Foto Selfie Bisa Gantikan Password

1404128505757_wps_9_Selfie3_PNG

Upaya untuk menggantikan password terus ditempuh banyak pihak dan yang terbaru adalah MasterCard. MasterCard sedang menguji teknologi pengenalan wajah baru yang akan memungkinkan pelanggan memverifikasi identitas online mereka dengan mengambil foto selfie. Nantinya aplikasi baru ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian secara online dengan mengambil foto selfie daripada memasukkan password.

Saat ini, pelanggan Mastercard menggunakan sistem yang disebut SecureCode untuk memverifikasi identitas mereka saat berbelanja online. Hal ini mengharuskan mereka untuk memasukkan password pada titik-titik penjualan.

Namun, masalahnya adalah password dapat dengan mudah dilupakan, dicuri atau disadap sehingga sejumlah lembaga keuangan dan perusahaan teknologi bereksperimen dengan biometrik sebagai alternatif bentuk identifikasi.

Dalam uji coba ini nantinya peserta yang berpartisipasi akan diminta untuk mengambil foto wajah mereka menggunakan aplikasi Mastercard pada smartphone di titik checkout online dibandingkan dengan  memasukkan password.

Aplikasi kemudian mengubah foto menjadi angka-angka 1 dan 0 dengan menggunakan teknologi pengenalan wajah dan mengirimkannya melalui internet kepada MasterCard yang kemudian membandingkannya dengan kode yang disimpan dan mewakili wajah pemegang kartu. Jika kedua kode cocok, maka pembelian akan disetujui.

Saat ini MasterCard sedang menguji teknologi tersebut dengan 500 pelanggan dan merencanakan percobaan yang lebih luas di akhir tahun ini. MasterCard juga bereksperimen dengan bentuk-bentuk lain dari identifikasi seperti scan sidik jari  dan pengenalan suara.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: Daily Mail