Hati-hati dengan Scam Peladangan LIKE Facebook

facebook-sign-89

Mungkin Anda pernah membaca sebuah cerita yang sangat menyentuh tentang seorang gadis kecil yang menderita kanker di Facebook. Kisah indah ini ditulis sangat menarik di hati sanubari Anda. Anda kemudian mungkin akan diminta untuk mem-posting kembali kisah tersebut atau membagikannya ke teman-teman di jalur pertemanan atau ke publik. Akan tetapi kenyataannya, gadis kecil dalam foto yang dikisahkan menderita kanker tersebut bahkan mungkin tidak sakit sama sekali atau malah tidak menyadari bahwa foto dirinya telah disalahgunakan oleh pihak tertentu. Taktik seperti inilah yang disebut dengan Scam peladangan LIKE Facebook.

Peladang LIKE membuat halaman Facebook untuk memikat orang (pengguna Facebok lainnya) untuk melakukan LIKE di halaman tersebut atau membagikan halaman tersebut. Setelah pembuat halaman tersebut mampu menumpuk ratusan LIKE dan share, mereka kemudian menghapus halaman dan mempromosikan sesuatu yang lain, seperti produk yang mereka jual dan akan menerima komisi karena menjual produk tersebut.

Mereka kemungkinan juga dapat menjual halaman dan informasi yang dikumpulkan dari orang-orang yang memberikan LIKE dengan ancaman yang lebih langsung untuk mendapatkan akses nomor kartu kredit yang dapat disimpan untuk aplikasi Facebook tertentu, password atau informasi pribadi lainnya.

Halaman baru yang dibuat dari data yang dikumpulkan dapat digunakan untuk menyebarkan perangkat lunak berbahaya untuk menkompromikan data atau menyebarkan malware.

Tentunya pendekatan terbaik adalah berpikir sebelum Anda memberikan LIKE. Namun biasanya pengguna Facebook jarang sekali berpikir sebelum melakukan LIKE sehingga tidak heran sangat banyak pengguna Facebook yang akunnya di-hack.

Jika Anda pernah mendapati kisah sedih seorang anak yang menderita penyakit tertentu dan kisah-kisah serupa yang membuat Anda tersentuh dan bahkan mungkin menangis, sebaiknyalah Anda memeriksa terlebih dahulu kebenaran kisah tersebut dan tidak serta-merta melakukan LIKE dan membaginya karena bisa saja Anda masuk perangkap Scam peladang LIKE Facebook.

Sumber: Central Indiana Better Business Bureau

Sumber Foto: BGR