Pembajakan Online Skala Besar Dihukum 10 Tahun Penjara

piracy

Sampai detik ini, pembajakan online masih merupakan masalah yang tak kunjung selesai. Berbagai kemudahan membuat salinan konten di internet telah membuat skala pembajakan online sangat besar hingga meresahkan kreator konten. Untuk mengatasi hal ini, di Inggris muncul usulan yang diajukan oleh salah satu menteri, yaitu memberikan hukuman 10 tahun bagi pembajak konten online dalam skala besar.

Saat ini pemerintah Inggris tengah berusaha menghadapi pembajakan online ini dengan mempertinggi hukuman bagi pelanggaran hak cipta online komersial dengan hukuman sampai 10 tahun penjara. Konsultasi yang diluncurkan oleh Intellectual Property Office and the Department for Business, Innovation and Skills Inggris menyerukan hukuman maksimum dua tahun akan ditingkatkan secara signifikan.

Tujuannya adalah untuk memberikan penalti bagi pelanggaran secara online agar sejalan dengan kejahatan skala besar yang melibatkan pelanggaran hak cipta barang secara fisik.

Menteri kekayaan intelektual, Inggris Baroness Neville-Rolfe mengatakan bahwa pemerintah memperhatikan kejahatan hak cipta sangat serius karena kejahatan ini membuat  bisnis, konsumen dan ekonomi yang lebih luas menjadi sakit, baik online maupun offline. Industri kreatif Inggris bernilai lebih dari 7 miliar pound dan itu penting untuk dilindungi dari perusahaan kriminal online.

Dengan memperkuat hukuman bagi pelanggaran hak cipta online komersial, Inggris menawarkan perlindungan yang lebih besar untuk bisnis dan mengirim pesan yang jelas untuk mencegah penjahat melakukan kejahatan tersebut.

Menurut kepala satuan polisi kejahatan intelektual, DCI Peter Ratcliffe pencurian kekayaan intelektual, baik online maupun offline adalah kejahatan. Dengan kemajuan teknologi dan popularitas internet, semakin banyak penjahat yang beralih ke kejahatan secara online dan menjadi sangat penting sistem penuntutan mencerminkan gerak untuk dunia yang lebih digital.

Industri kreatif di Inggris, termasuk film, televisi dan musik, mendukung lebih dari 1.6 juta pekerjaan. Proposal tersebut bertujuan untuk menawarkan industri kreatif perlindungan lebih lanjut terhadap pelanggar hak cipta secara online skala besar dan memberikan jera yang signifikan.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: ipdigit.eu