Universal Temukan Bajakan Jurassic World di Server Sendiri

Jurassic-World-3-jpg

Studio film Universal menemukan bahwa komputer milik mereka sendiri telah menjadi tuan rumah bagi versi bajakan Jurassic World dan meminta Google untuk menghapus link tersebut.

Universal Pictures di Perancis telah menyemai versi bajakan film mereka yang menjadi blockbuster, yaitu  Jurassic World di server sendiri. Film yang menampilkan Chris Pratt yang merupakan penciptaan kembali dari karya Steve Spielberg tahun 1993 telah berada dalam daftar box office, tetapi juga telah mengalami tingkat pembajakan yang tinggi.

Universal mengajukan pemberitahuan takedown kepada Google pada tanggal 15 Juli di bawah US Digital Millennium Copyright Act (DMCA) dan menuntut mesin pencari Google memblok link ke beberapa situs yang diduga merupakan hosting atau menghubungkan ke versi bajakan Jurassic World.

Di antara permintaan pemblokiran link tersebut adalah link yang menuju ke  http://127.0.0.1:4001/#/fr/. Alamat Internet Protocol 127.0.0.1 biasanya disediakan untuk localhost atau mesin di mana program atau pengguna beroperasi. Hal ini menunjukkan salinan bajakan film Jurassic World sedang di-host dalam jaringan komputer Universal sendiri.

Studio film dan penerbit biasanya menggunakan program otomatis yang bisa mencari karya cipta tanpa izin, dalam hal ini sebuah film. Program ini mungkin menemukan file dari luar yang terkait dengan jaringan komputer Universal Studio yang berarti bahwa Universal sendirilah yang menyediakan versi bajakan film mereka tersebut.

Universal Studio sudah tidak asing dengan permintaan pencopotan yang aneh. Studio film ini juga pernah mengirim pemberitahuan takedown kepada Google untuk meminta halaman Internet Movie database yang di dalamnya terdaftar film mereka, yaitu Fast & Furious 7 dihapus dari indeks Google meskipun halaman tersebut tidak melakukan pelanggaran.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: channel3000.com