Cara Menghentikan Hacker Memanen Data dari Facebook Anda

_69324447_facebookreuters

Pengguna Facebook sedang didesak untuk memeriksa pengaturan privasi mereka, setelah seorang insinyur perangkat lunak menemukan cara untuk memanen data ribuan pengguna dengan menebak nomor ponsel mereka.

Software engineer, Reza Moaiandin, menjelaskan bagaimana ia mampu untuk mendapatkan nama, foto profil dan lokasi pengguna dengan memanfaatkan pengaturan privasi yang sedikit diketahui yang memungkinkan siapa pun untuk menemukan pengguna Facebook dengan mengetik nomor telepon mereka ke dalam kotak pencarian.

Moaiandin menggunakan algoritma sederhana untuk menghasilkan ribuan nomor ponsel di AS, Inggris dan Kanada, dan kemudian menjalankannya di  pemrograman aplikasi antarmuka Facebook (API) untuk mengetahui pengguna yang terkait dengan akun Facebook.

Setelah account tersebut diidentifikasi, ia mampu memanen informasi lebih lanjut dari profil para pengguna. Hal ini bisa menjadi masalah phishing yang sangat besar jika tidak ada batasan yang dibuat dan celah tersebut ditemukan oleh orang yang salah.

Celah keamanan ini banyak tidak disadari oleh pengguna Facebook dan mereka sangat banyak yang menghubungkan akun mereka di Facebook dengan nomor ponsel sehingga sangat mungkin data-data mereka di panen oleh hacker sehingga kemudian bisa menjadi korban phishing, penipuan dan hacking.

Untuk itu, jika anda pengguna Facebook dan telah menghubungkan akun Anda dengan nomor ponsel, sebaiknya nomor posnel tersebut dihapus. Jika tidak mau menghapus lakukan langkah berikut:

1. Klik tanda panah ke bawah di sudut kanan atas taskbar

2. Pilih Settings

3. Pilih Privacy dari menu di sebelah kiri

4. Pergi Who can look you up using the phone number you provided?

5. Klik Edit dan pilih Friends

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: Reuters