Cara Menghindari Pengintaian Microsoft di Windows 10

windows-10-wallpaper

Sebagaimana diketahui, Microsoft telah merilis sistem operasi terbaru mereka, yaitu Windows 10. Sejauh ini, sangat banyak tanggapan positif terhadap sistem operasi terbaru tersebut.

Windows 10 menakjubkan. Windows 10 fantastis. Windows 10 adalah keren. Windows 10 lebih cepat, smooth dan lebih userfriendly. Windows 10 adalah segalanya. Dan masih banyak pujian lainnya terhadap Windows 10.

Namun demikian ada sesuatu yang harus Anda ketahui, yaitu Windows 10 juga memata-matai hampir semua yang Anda lakukan.

Ini bukan isu dan bukan pula gosip. Kenyataannya Windows 10 memang memata-matai apa yang dilakukan penggunanya. Sayangnya pengguna tidak sadar mereka telah merestui pengintaian tersebut dengan tidak membaca syarat dan ketentuan yang berjumlah 12.000 kata sebelum melakukan upgrade.

Bagusnya, sebagaimana banyak layanan lainnya, Microsoft membolehkan pengguna Windows 10 untuk memilih keluar dari semua fitur yang dianggap menginvasi privasi tersebut. Akan tetapi, Microsoft by default mengikutkan semua pengguna Windows 10 untuk dimata-matai sehingga pengguna harus melakukan sesuatu untuk lepas dari intaian tersebut.

Ada empat hal yang perlu diperbaiki sehingga lepas dari intaian Microsoft. Pertama, buka Settings dan klik Privasi. Di sana akan ditemukan 13 layar yang berbeda untuk menonaktifkan sesuatu yang tampaknya mengkhawatirkan bagi privasi. Sebagian besar pengaturan penting dapat ditemukan pada tab General, meskipun tab lain juga penting. Misalnya, Anda pasti ingin menyesuaikan jenis data apa yang bisa diakses oleh masing-masing aplikasi pada sistem.

Kedua adalah  mempertimbangkan penghapusan Cortana. Perintah suara Cortana merupakan salah satu fitur terbaik pada Windows 10, tetapi juga bisa menginvasi data pengguna. Akibatnya, banyak pengguna akan menemukan bahwa manfaat Cortana tidak lebih besar daripada risiko privasi yang dialami. Oleh karena itu jika Anda peduli dengan privasi, sebaiknya hapus Cortana.

Ketiga, adalah melihat lebih jauh browser terbaru Microsoft, yaitu Edge. Di dalamnya, klik link ini dan matikan Personalised ads in this browser dan Personalised ads wherever I use my Microsoft account untuk menonaktifkan fitur pelacakan iklan Microsoft.

Bagian terakhir adalah menghapus akun Microsoft Anda dari Windows 10 dan menggunakan akun lokal baru sebagai gantinya. Dengan cara ini, Microsoft tidak mencengkeram semua data Anda untuk melakukan sinkronisasi seluruh perangkat yang Anda pakai.

Sumber: BGR

Sumber Foto: thewindowsclub.com