Kini Semuanya Bisa di-Hack, Termasuk Otak Manusia

Hackers0_2568369b

Setiap tahun di Las Vegas, ribuan peneliti keamanan, penguji penetrasi, dan ahli infosec berkumpul di konferensi hacker Defcon untuk berbagi tips keamanan, memamerkan kerentanan baru yang ditemukan, dan umumnya memberikan berita buruk ke seluruh dunia.

Tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-23 tahun konferensi hacker Defcon. Tahun ini hacker memamerkan cara untuk menembus drone, skateboard, dan bahkan otak manusia.

1. Skateboard

Skateboard listrik sangat menyenangkan, tetapi untungnya Skateboard belum menjadi bagian penting dari infrastruktur transportasi kota modern. Bayangkan jika sudah menjadi bagian penting dari transportasi dan ternyata setidaknya satu merek Skateboard dapat dibajak dari jarak jauh sehingga memberikan penyerang kontrol penuh dari skateboard dengan hanya menggunakan koneksi bluetooth.

Hack terhadap skateboard ini ditemukan oleh Richo Healey, seorang peneliti keamanan untuk perusahaan pembayaran Stripe, dan Mike Ryan, seorang peneliti di eBay.

2. Drones

Parrot AR Drone 2.0 adalah salah satu model yang paling populer dari drone yang ada di pasar. Quadcopter kecil ini dapat diterbangkan secara manual atau menggunakan koordinat GPS dan dilengkapi dengan kamera di bagian depan yang bisa mem-beam-kan video dan foto ke smartphone pengguna. Semua hal tersebut dilakukan melalui WiFi yang bisa menjadi titik serangan.

Menurut Michael Robinson.meng-hack drone sebenarnya cukup sederhana, yaitu dengan mengganggu Wi-Fi dan menguasai koneksi, mengganggu GPS yang digunakan  untuk mengarahkan drone atau menginduksi medan magnet untuk mengganggu giroskop yang digunakan untuk menstabilkan drone.

3. Mobil

Pada bulan Juli yang lalu peneliti keamanan Charlie Miller dan Chris Valasek menunjukkan hack baru, yaitu merebut kendali dari Jeep Fiat Chrysler secara remote. Mereka bisa mengambil alih kendali mobil Jeep tersebut yang tengah melaju di jalan raya. Hack tersebut cukup serius karena tiga hari kemudian sebanyak 1.4 juta Jeep Fiat Chrysler ditarik  guna diperbarui perangkat lunaknya untuk menambal kerentanan.

4. Mobil dan Garasi

Peneliti keamanan Samy Kamkar menunjukkan roll jam sebuah perangkat kecil yang dapat dibuat dengan biaya 30 USD dan bisa membongkar keamanan kunci nirkabel, dari jenis yang digunakan untuk mobil dan pembuka pintu garasi.

Roll jam bekerja dengan memastikan bahwa mobil tidak pernah mendengar kode di tempat pertama, blok sinyal, dan kemudian menggunakan radio kedua untuk merekamnya sendiri. Mobil gagal untuk dibuka sehingga pengguna menekan keyfob mereka untuk kedua kalinya dan semuanya bekerja seperti biasa. Pengedara masuk tidak menyadari bahwa sekarang, penyerang dapat membuka mobil kapan saja mereka inginkan.

5. Otak Manusia

Di Defcon ada pembicaraan tentang bagaimana meng-hack otak manusia bersama Richard Thieme yang membahas penelitian terbaru di bidang biohacking. Namun yang menarik adalah  demonstrasi Ryan Castellucci tentang brainflayer, alat untuk hacking dan mencuri uang dari otak pengguna Bitcoin secara langsung.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: The Telegraph