Pelaku Texting Sambil Jalan Kaki Bergerak Lebih Lambat

120525065444-texting-while-walking-story-top

Pemandangan orang yang berjalan sambil menatap layar smartphone bukan lagi pemandangan yang aneh. Kini di banyak tempat terdapat banyak orang yang begitu lengket dengan layar smartphone mereka sehingga membuat jalan kaki tersebut lebih lama dan memakan waktu. Sebuah penelitian terbaru membuktikan hal tersebut dan menyimpulkan bahwa orang-orang yang berjalan sambil SMS (texting) bergerak lebih lambat dan bahkan menyimpang.

Para peneliti dari Texas A & M University dan University of Bath di Inggris meminta 30 peserta yang berusia antara 18 dan hingga 50 tahun untuk bernavigasi dengan pembatasan, pos lalu lintas dan hambatan pejalan kaki umum lainnya dalam tiga skenario, yaitu berjalan normal,  SMS dan berjalan, serta texting dan berjalan sambil diganggu tes matematika standar pada sebuah aplikasi.

Hasilnya tidak terlalu mengherankan. Peserta dalam dua skenario terakhir membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugas mereka, mengambil langkah-langkah yang lebih kecil dan lebih lambat untuk kompensasi atas berkurangnya visi mereka dengan menaikkan kaki mereka lebih tinggi untuk membersihkan jalan dan trotoar.

Menurut para peneliti para peserta sangat baik dalam beradaptasi dengan cara mereka berjalan untuk membatasi risiko cedera dan sangat sedikit dari mereka yang mengalami hambatan. Hal ini mungkin karena banyak peserta telah tumbuh bersama ponsel dan sangat multitasking.

Hasil yang menjajikan dari penelitian tersebut adalah mereka yang berjalan sambil texting  melakukan pekerjaan yang baik dalam beradaptasi dengan gerakan mereka untuk menghindari kecelakaan. Kabar buruknya adalah seluruh dunia bisa terjebak di belakang mereka dan terlambat untuk menepati janji.

Sumber: CNet

Sumber Foto: CNN