Drone Digunakan untuk Menyelundupkan Obat dan Senjata

1363991111965

Para penjahat mulai memanfaatkan drone untuk menyelundupkan obat-obatan dan senjata ke penjara. Drone yang dioperasikan oleh geng kejahatan terorganisir tersebut menimbulkan meningkatnya ancaman keamanan di penjara Inggris dengan menawarkan rute baru untuk menyelundupkan obat-obatan dan senjata api ke tangan penjahat.

Drone komersial kecil digunakan untuk mengangkut paket berisikan barang haram mulai dari ponsel hingga ke obat sintetis ke dalam penjara. Barang-barang tersebut mengancam keamanan penjara dengan meningkatkan ketersediaan minuman keras yang dapat memprovokasi gangguan di penjara.

Perwira intel di the National Offender Management Service Inggris mengatakan bahwa mereka prihatin dengan potensi menggunakan Unmanned Aerial Vehicles (UAV) yang dikendalikan dengan remote control untuk menjatuhkan senjata mematikan ke penjara setelah adanya insiden paket ukuran yang sama berisi pistol berhasil dijatuhkan tanpa disadari.

Investigasi menunjukkan adanya beberapa insiden di mana drone digunakan untuk mengirimkan paket dalam 18 bulan terakhir terkait dengan kelompok kejahatan serius.

Tampaknya kelompok penjahat terorganisir melihat adanya peluang dengan memanfaatkan drone. Apalagi sebenarnya saat ini aturan tentang penggunaan drone belumlah jelas serta sanksi yang tidak memberatkan.

Sumber: The Independent