Hati-hati Sebentar Lagi Pekerjaan Anda Direbut Robot

cnn robot

Lihatlah di sekitar Anda. Apakah Anda sedang komuter atau membaca di tempat kerja, mungkin hanya butuh beberapa tahun lagi orang yang di kanan atau kiri Anda akan digantikan oleh robot. Itu artinya pekerjaan mereka akan segera direbut oleh robot.

Sebuah studi baru yang diterbitkan oleh Boston Consulting Group memprediksi bahwa pada tahun 2025 seperempat dari pekerjaan saat ini tidak akan dilakukan oleh manusia lagi. Penelitian serupa yang dilakukan oleh Oxford University memperkirakan dalam satu  atau dua dekade ke depan, 35 persen dari pekerjaan yang ada berisiko diotomatisasi, artinya digantikan oleh robot.

Ekonom terdahulu telah memperingatkan terhadap adanya ancaman robot ini. Pada tahun 1930 John Maynard Keynes mengatakan bahwa penyakit baru dari kerja teknologi akan menjadi salah satu kendala yang dihadapi generasi mendatan. Ia memprediksi bahwa manusia hanya akan bekerja selama 15 jam seminggu.

Larry Summers, mantan Menteri Keuangan AS memperingatkan bahwa yang dilakukan robot tidak hanya ancaman bagi pekerjaan kerah biru, tetapi juga mengancam pekerja kelas menengah. Tentu sebagian dari kita akan menyerah kepada robot.

Para peneliti di Oxford memeringkat 700 pekerjaan menurut risiko otomatisasi. Bilan Anda psikiater, Anda akan baik-baik. Bila Anda Ekonom, Anda akan goyah. Apabila Anda seorang telemarketer, underwriter asuransi atau teknisi perpustakaan, Anda mungkin harus menyerahkan pekerjaan Anda kepada robot.

Ini adalah vonis yang berat, tetapi robot belumlah menang. Banyak kita lihat dalam kehidupan sehari-hari saat ini, misalnya check-out otomatis di supermarket memiliki banyak ruang untuk perbaikan, tetapi robot memang diuntungkan.

Robot tidak penah lelah atau sakit. Mereka tidak perlu istirahat minum kopi atau cuti. Mereka bahkan tidak perlu pergi ke toilet. Akhirnya mereka akan lebih baik pada tugas-tugas mereka.

Nah, apakah Anda sudah siap untuk digantikan robot?

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: CNN