Kamus Istilah Populer Remaja di Media Sosial

too-much-tech-graphic

Perilaku remaja di online termasuk yang sangat unik. Mereka cenderung hati-hati agar tidak ketahuan oleh orang tua mereka. Selain itu, mereka menggunakan istilah-istilah yang hanya mereka yang memahaminya agar luput dari pengawasan orang tua. Istilah populer seperti GNOC (Get Naked On Cam) dan ASL (Age, Sex, Location) mungkin tidak banyak orang tua yang paham sehingga anak remaja mereka lebih leluasa karena ketidakpahaman orang tua tersebut.

Namun, di Inggris sudah ada upaya untuk memberikan kemudahan bagi orang tua yang peduli dengan keselamatan anak mereka ketika online, yaitu dengan dirilisnya sebuah layanan kamus decoding (membantu memecahkan kode) istilah populer yang digunakan oleh anak-anak remaja.

Kamus tersebut akan menerjemahkan akronim chatting remaja yang populer, termasuk get naked on cam (GNOC) dan age, sex, location (ASL) yang sering digunakan anak-anak ketika chatting di ruang chat anonim untuk menutupi identitas personal mereka.

Alat ini akan membantu orang tua untuk melakukan pengawasan terhadap anak-anak  ketika anak mereka memunculkan kode P999 yang juga dikenal parent in the room alert atau  CD9 (Code 9) parents around alert yang memberitahukan kepada teman mereka bahwa orang tua ada di sekitar mereka.

Banyak akronim atau istilah yang populer di kalangan remaja terkait dengan hubungan seksual online, termasuk seperti IWSN (I want sex now, saya ingin seks sekarang) dan LMIRL (let’s meet in real life, mari kita bertemu di kehidupan nyata). Istilah lain yang juga populer adalah zerg (to gang up on someone, mengeroyok seseorang), POS (parents over shoulder, orang tua ada di belakang) dan 420 (marijuana).

Panduan yang diluncurkan tersebut merupakan bagian dari Parent Info, sebuah layanan online yang diumumkan oleh Departemen Pendidikan Inggris yang bertujuan untuk memberikan tips tentang menavigasi kehidupan remaja dan memberikan orang dewasa kepercayaan diri untuk berbicara tentang topik sensitif dengan anak-anak mereka.

Nicky Morgan, State for Education and Minister for Women and Equalities mengatakan hal tersebut sesuatu yang penting sebab orang tua dididik tentang cara untuk menjaga anak-anak mereka yang aman saat online. Internet adalah alat yang sangat kuat yang mengubah cara anak-anak belajar dan tetap berhubungan. Namun kita juga harus memastikan bahwa kita melakukan segala sesuatu untuk membantu mereka agar tetap aman saat online.

Kamus ini tentu akan sangat membantu orang tua memahami apa yang diungkapkan anak-anak mereka ketika online sehingga bisa mencegah sesuatu yang berbahaya terjadi. Dengan mengetahui arti akronim GNOC misalnya, orang tua bisa mencegah anak melakukan tindakan seksual berbahaya yang dilakukan anak mereka.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: news4jax.com