Mengetahui Kepribadian dari LIKE Facebook

gty_facebook_like_button_ll_120809_wmain

Facebook dengan pengguna lebih dari satu miliar merupakan tumpukan data yang sangat bagus untuk didalami. Untuk itulah University of Cambridge membuat sebuah tool yang bisa mengungkapkan ciri-ciri kunci psikologis, pandangan agama dan politik, kecerdasan dan kebahagiaan dengan hanya menganalisis LIKE yang diberikan pengguna di Facebook.

Facebook memiliki bergudang-gudang data tentang penggunanya. Kemudian Facebook menggunakan data ini untuk membangun sebuah gambaran tentang siapa penggunanya sehingga kemudian dapat disesuaikan dengan news feed dan iklan.

Namun demikian sebenarnya tidak perlu banyak data untuk mengungkap siapa pengguna Facebook tersebut. Hanya melalui LIKE yang diberikan dapat diungkap banyak hal tentang pengguna Facebook.

University of Cambridge’s Psychometrics Centre telah membangun sebuah alat yang memanfaatkan LIKE pengguna Facebook dan tidak ada data lain untuk membangun gambaran kepribadian mereka.

Alat ini disebut Apply Special Sauce. Alat ini mampu memperkirakan jenis kelamin, kecerdasan, kepuasan hidup, preferensi seksual, politik dan agama, serta menebak status pendidikan dan hubungan pengguna Facebook.

Alat ini juga bisa menempatkan pengguna ke dalam lima besar spektrum kepribadian, yaitu openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness dan neuroticism. Alat ini akan memberitahu pengguna, misalnya apakah pengguna impulsif atau terorganisir, konservatif atau liberal dan sebagainya.

Tentu saja alat ini cukup bisa diandalkan. Untuk mencobanya pengguna hanya perlu login dengan akun Facebook mereka. Tertarik? Anda bisa mencobanya di LINK ini.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: techarticle.org