Next Pat, Demografi Baru Karena Perkembangan Teknologi

sexting_2344570b

Perkembangan teknologi, terutama internet beberapa tahun terakhir telah menimbulkan berbagai percepatan di banyak bidang. Salah satunya adalah terbentuknya demografi baru. Para peneliti telah mengidentifikasi demografi baru karena adanya perkembangan teknologi tersebut yang disebut dengan Next Pat. Next Pat adalah kelompok sosial yang telah memanfaatkan dengan sebaik-baiknya kemungkinan yang disediakan oleh teknologi untuk lebih terhubung dalam kehidupan global.

Untuk melihat gejala Next Pat ini, Transferwise melakukan penelitian bersama dengan 8 akademisi dan filusuf dari Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jerman dan Estonia terhadap 2.500 orang yang berusia antara 18 hingga 65 tahun. Mereka menemukan bahwa Next Pat tidak seperti ekspatriat. Next Pat tidak memiliki ciri-ciri demografis tertentu dan yang menyatukan mereka adalah pendekatan mereka untuk hidup.

Berdasarkan penelitian tersebut, Next Pat dua kali lebih mungkin untuk bekerja, tinggal atau belajar di luar negeri dibandingkan penduduk lainnya, mereka tidak melihat batas geografis sebagai halangan untuk menimba pengalaman dan berkembang.

Next Pat juga seorang wirausaha karena tujuh kali lebih mungkin untuk mengambill risiko dibandingkan orang lain dan tiga kali lebih mungkin melihat teknologi menyediakan potensi dan kesempatan untuk tinggal atau bekerja di mana pun mereka inginkan di dunia.

Bila ekspatriat sering hidup dalam komunitas yang terisolasi berdasarkan latar belakang dan kebangsaan yang sama, Next Pat merupakan kelompok transnasional, tercerabut dari negara asal mereka dan juga dalam kelompok yang mereka adopsi.

Next Pat juga peduli terhadap  isu-isu global dan lokal dengan sebanyak 83% memiliki perasaan kuat tentang kemiskinan di negara-negara kurang berkembang dan tunawisma di negara mereka sendiri dan 81 persen terlibat dalam aktivitas lokal.

Menurut laporan tersebut jumlah Next Pat di Inggris meningkat pesat, tiga kali lipat selama lima tahun terakhir dari 8 persen pada tahun 2010 menjadi 25 persen saat ini. Pada tahun 2020, diprediksi bahwa hampir setengah 44 persen warga Inggris akan menjadi bagian dari Next Pat.

Laporan tersebut mengklaim bahwa ada empat ciri yang membuat Next Pat mudah diidentifikasi, yaitu mereka memiliki pandangan positif terhadap risiko, a self-starting mentality, keyakinan bahwa hidup adalah untuk hidup dan mereka menikmati terlibat secara budaya dan sosial dengan orang lain.

Sumber: The Telegraph