Unfriend Rekan Kerja di Facebook Termasuk Bullying

_69324447_facebookreuters

Pernah terpikir untuk unfriend rekan kerja yang ada di dalam jalur pertemanan di Facebook? Jika Anda tinggal di Australia, Anda harus pikir-pikir dulu untuk melakukan hal tersebut karena bisa disangka melakukan bullying.

Dilaporkan bahwa para pengusaha di seluruh Australia akan berebut untuk memperbarui kebijakan media sosial mereka setelah keputusan pengadilan memutuskan bahwa jika seseorang melakukan unfriend di Facebook dapat digolongkan sebagai intimidasi di tempat kerja.

Adalah Rachael Roberts, seorang karyawan di sebuah perusahaan real estate agency, VIEW Launceston yang melakukan pengaduan ke Fair Work Commission (FWC) pada bulan Februari tahun ini. Ia mengadu bahwasanya ia telah di-bully oleh sales adminsitrator Lisa Bird.

Rachael Roberts merupakan seorang agen real estate dengan pengalaman selama 10 tahun bergabung dengan perusahaan tersebut pada tahun 2012 mengatakan hampir 20 kali beradu kata terutama dengan Lisa Bird, di mana ia mengklaim telah diremehkan dan dipermalukan. Setelah serangkaian adu argumentasi di antara keduanya, Rachael Roberts kemudian di-unfriend oleh Lisa Bird di Facebook. 

Rachael Roberts mengaku menderita depresi dan kecemasan atas tindakan unfriend yang dilakukan oleh Lisa Bird tersebut dan pengadilan memutuskan mendukung hal tersebut. Pengadilan mengklaim bahwa tindakan tersebut menunjukkan kurangnya kematangan emosional dan merupakan indikasi dari perilaku yang tidak masuk akal.

Peristiwa ini suatu yang sangat baru. Bila Anda berteman dengan rekan kerja di Facebook, bisa saja suatu waktu karena berbagai alasan Anda memutuskan pertemanan di Facebook tersebut. Namun karena Anda kerja di tempat yang sama, itu artinya Anda akan bertemu dengan rekan kerja tersebut setiap hari sehingga Anda perlu berpikir dulu sebelum memutuskan pertemanan. Apalagi bila unfriend tersebut dimasukkan sebagai bullying.

Sumber: Engadget, CNet, The Telegraph