Facebook Membuat Update Status Memalukan Kini Lebih Mudah Ditemukan

_69324447_facebookreuters

Pernah membuat update status yang memalukan di Facebook? Misalnya tentang atasan atau teman sekantor? Update status tersebut kini lebih mudah ditemukan berkat universal search yang kini mulai diberlakukan oleh Facebook.

Facebook telah membuat update besar untuk fitur pencarian dengan mengindeks 2 triliun postingan yang ada di Facebook agar postingan tersebut lebih mudah untuk ditemukan bahkan update status yang sudah sangat lama.

Melakukan pencarian dengan kata kunci seperti posts about drunk atau posts about ashamed akan menggali update status dari teman, serta update dari pengguna Facebook lainnya yang menjadikan update status mereka dapat dilihat publik. Dengan diperbaikinya fitur pencarian tersebut kini juga lebih mudah untuk mencari update status pengguna dari beberapa tahun yang lalu, misalnya post from Joe Bloggs in 2008.

Tahun lalu, Facebook membuat posting atau update status teman lebih mudah dicari dengan melakukan update, tetapi opsi terbaru ini membuat prosesnya lebih mudah ditargetkan.

Fitur baru ini disebut Search FYI, dirancang untuk membuatnya lebih mudah untuk menemukan informasi di Facebook. Jika banyak pengguna membicarakan tentang evidence of water on Mars, maka fitur ini akan menemukan postingan/update status sekitar subjek tersebut.

Hasil pencarian akan menampilkan link berita, tulisan dari teman dan status umum yang populer dari yang bukan teman. Namun, dengan kemampuannya menemukan update status dari masa lalu, bisa saja update status beberapa tahun yang lalu yang dipublikasikan ke publik bisa muncul di hasil pencarian. Ini akan memengaruhi privasi pengguna dan mungkin akan menimbulkan masalah.

Sumber: The Telegraph