Pelanggan Apple Jadi Target Penipuan iTunes Scam

safe_091105407113_640x360

Pelanggan Apple telah menjadi target iTunes invoice phishing scam yang dirancang untuk mengelabui i mereka agar mau mengklik link untuk mengklaim pengembalian dana dari pembelian yang tidak mereka lakukan.

Email yang mengaku dikirim dari Apple saat ini tengah beredar, menampilkan pengembalian dana penerima email sebesar 34,99 pound. Dalam faktur disebutkan:

If you did not authorize this purchase, please: Click here for Refund

Hal tersebut merupakan upaya penipu dalam upaya untuk mengelabui pengguna agar memasukkan ID Apple mereka ke halaman login palsu, Hal ini diungkapkan oleh Malwarebytes dalam blognya.

Jika pengguna mengklik link yang diberikan penipu, maka setelah memasukkan ID Apple dan kata sandi, korban kemudian diminta untuk memasukkan informasi kartu kredit atau kartu debit, termasuk nomor kartu, alamat dan nama lengkap.

Scam tersebut muncul setelah adanya berita serangan DDoS signifikan dan berkelanjutan terhadap situs TalkTalk yang mungkin telah mengkompromikan jutaan informasi pribadi pengguna, termasuk nama, alamat email, nomor telepon dan informasi keuangan.

Awal pekan yang lalu, dilaporkan penipu memalsukan Apple’s remote help site dalam upaya untuk mendapatkan akses ke komputer korban.  Penipu mencoba untuk mengelabui pengguna agar mendarat di situs dukungan pencarian yang dipalsukan dengan menargetkan mereka dengan peringatan palsu dan pop up tentang sesuatu yang tidak beres di komputer mereka.

Sumber: The Telegraph

Sumber Foto: First Post