Snapchat Lebih Membahagiakan Penggunanya Dibandingkan dengan Facebook

140102053620-snapchat-hacked-kosik-earlystart-00001713-story-top

Mungkin Facebook bisa berbangga dengan jumlah penggunanya yang hampir 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia, tetapi tampaknya jumlah pengguna yang banyak tersebut tidak begitu berarti karena Facebook tidak mampu membuat mereka bahagia.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa pengguna media sosial sebenarnya mungkin mencari pengalaman yang lebih transient. Hal ini ditemukan di Snapchat yang memungkinkan pengguna untuk mengirim foto atau pesan singkat yang terhapus setelah hanya beberapa detik membuat orang lebih bahagia.

Menurut para peneliti, aplikasi Snapchat yang menarik sekitar 100 juta pengguna setiap hari, ternyata memberikan interaksi yang paling berharga dari semua situs media sosial. Meskipun menjadi terkenal sebagai sexting app, penelitian menunjukkan Snapchat menyediakan cara yang lebih spontan berinteraksi dengan teman-teman. Snapchat berada di posisi kedua setelah tatap muka dalam cara interaksi yang menyenangkan.

Joseph Bayer, seorang psikolog di University of Michigan yang memimpin penelitian mengatakan bahwa dipermukaan banyak orang melihat Snapchat sebagai aplikasi sexting. Namun, sebaliknya, ia dan rekannya menemukan bahwa Snapchat biasanya digunakan untuk berkomunikasi secara spontan dengan teman-teman dekat dalam cara baru dan sering lebih menyenangkan. Temuan ini membuka pertanyaan penting tentang manfaat dan biaya dari media sosial yang berbeda.

Dalam studi yang telah diterbitkan dalam jurnal Information, Communication and Society sebanyak 154 mahasiswa ditanya secara acak setiap hari tentang penggunaan media sosial mereka selama dua minggu. Mereka juga diminta menjawab pertanyaan tentang negatif atau positif yang mereka rasakan dan bagaimana menyenangkan interaksi mereka.

Dari studi tersebut ditemukan bahwa interaksi Snapchat dikaitkan dengan gerakan yang lebih positif dibandingkan dengan Facebook dan jaringan sosial lainnya. Namun, Twitter, pesan teks, email dan panggilan telepon ditemukan jauh lebih memberikan dukungan daripada Snapchat.

Sumber: Daily Mail

Sumber Foto: CNN