Snowden: GCHQ Bisa meng-Hack Smartphone

gchq-plain-text

Dalam program BBC Panorama beberapa waktu yang lalu, whistleblower Edward Snowden memberikan mewawancara di mana ia menambahkan detil lebih lanjut ke berbagai alat bernama yang diakhiri dengan kata Smurf yang memungkinkan badan-badan intelijen Inggris (GCHQ) untuk melakukan hack terhadap smartphone.

Dalam penjelasan Snowden ke Panorama tersebut terdapat suatu alat yang disebut Nosey Smurf yang bisa menyalakan mikrofon telepon dan menggunakannya untuk menyadap audio. Snowden juga mendiskusikan Dreamy Smurf yang menurutunya bisa menghidupkan atau mematikan ponsel. Ada lagi yang namanya Tracker Smurf, yaitu alat geo location yang menurut Snowden menawarkan metode yang lebih akurat dari lokasi telepon dan operator dibanding menggunakan triangulasi. Smurf lainnya bisa mengoperasikan kamera smartphone.

Sementara, Paranoid Smurf melakukan hal yang terbaik untuk menyembunyikan kegiatan Smurf lainnya. Menurut Snowden bila seseorang cukup  terampil untuk memperbaiki ponsel, ia tidak akan bisa menemukan jejak pekerjaan Smurf lainnya karena sudah disembunyikan oleh Paranoid Smurf.

The Smurf Army atau tentara Smurf datang dalam bentuk pesan TXT yang menurut Snowden pesan tersebut  tak pernah disadari datangnya oleh pengguna.

Dalam wawancara tersebut Snowden mengulangi dan memperluas tuduhan sebelumnya bahwa Government Communications Headquarters (GCHQ) mampu mengkompromikan router Cisco yang digunakan di Pakistan sehingga memiliki kemampuan untuk memantau komunikasi pemerintah danmasyarakat  sipil di negara tersebut.

Sumber: The Register

Sumber Foto: Life Hacker