Bagaimana Teknologi Smartphone Merusak Hubungan Manusia

252477_640

Sebuah buku menarik dari Sherry Turkle berjudul Reclaiming Conversation: The Power of Talk in a Digital Age mencoba menggambarkan bagaimana smartphone telah merusak hubungan antarmanusia. Turkle adalah seorang psikolog klinis berlisensi yang juga direktur MIT Initiative on Technology and Self. Dalam Reclaiming Conversation, ia menjalin anekdot dan wawasan dari tiga dekade penelitian psikologi di balik bagaimana orang menggunakan teknologi.

Menurut Turkle, anak-anak hari ini berkomunikasi melalui teks, media sosial dan email, tetapi kemampuan mereka untuk berhubungan dengan orang lain telah menurun secara substansial. Mereka gagal untuk mengembangkan empati, kecerdasan emosional atau ikatan sosial. Tidak heran intimidasi online atau bullying begitu luas, mengingat anak-anak bisa menghamburkan penghinaan satu sama lain dan tidak pernah melihat kesedihan di wajah anak lain.

Anak sering mengambil kebiasaan mereka dari orang dewasa. Turkle mengulang kisah sebuah keluarga di mana anak-anak dilarang membawa ponsel mereka ke meja makan, tetapi ibu mereka menghabiskan seluruh waktu makan bersama tersebut dengan memeriksa email pekerjaan.

Di keluarga lain, anak remaja dan orang tuanya berdebat melalui email karena konfrontasi di dunia nyata mungkin berubah menjadi perang teriakan dan akan ada perasaan yang disakiti. Kesimpulannya tampaknya komunikasi digital jauh lebih mudah daripada percakapan offline.

Hal ini sebenarnya tidaklah disarankan. Turkle menyarakan kepada orang tua untuk selalu mengajak anak-anak mereka berbicara satu sama lain, bukan sibuk dengan smartphone mereka. Reclaiming Conversation mengingatkan apa yang dipertaruhkan ketika perangkat menang atas percakapan tatap muka dan bahwa tidak terlalu terlambat untuk menaklukkan kebiasaan buruk tersebut.

Orang tua, keluarga, siapapun di dunia dengan kemajuan teknologi smartphone yang sangat pesat seperti sekarang ini haruslah berusaha meraih kembali percakapan tatap muka mereka. Jangan terlalu mengandalkan teknologi karena akan berakibat hambarnya suatu hubungan. Mulai dari keluarga dengan cara mengajak anak-anak untuk saling bercerita satu sama lain. Tanamkan disiplin pemakaian ponsel sehingga mereka bisa membatasi kegiatan mereka di ponsel.

Orang tua juga harus memberikan contoh yang bagus dengan tidak selalu menggunakan ponsel di rumah. Berikan teladan yang baik agar anak-anak dapat menirunya dan berlaku baik ketika mereka ada di online.

Sumber: seattletimes.com dengan beberapa perubahan