Berapa Nilai Data Pribadi Anda di Internet?

Investing-in-Cyber-Security-CHKP-CSCO-PANW-640x360

Data konon adalah mata uang di zaman internet. Kini perusahaan semakin memungkinkan orang untuk membayar layanan digital mereka dengan informasi daripada uang. Pertanyaannya, berapa nilai data pribadi Anda yang benar-benar layak?

Pertanyaan ini dijawab oleh sebuah survei yang dilakukan oleh perusahaan penyimpanan digital Western Digital. Menurut survei baru yang dilakukan oleh Western Digital terhadap 5.000 konsumen, rata-rata konsumen menghargai data pribadi mereka senilai  3.241 pound.

Survei tersebut juga menjelaskan bahwa laki-laki cenderung menghargai data pribadi mereka lebih tinggi daripada wanita. Laki-laki rata-rata menempatkan nilai 4.174 pound pada data mereka, sedangkan perempuan hanya 3.109 pound. Namun demikian, perempuan kurang bersedia untuk menjual data pribadi mereka, dengan 31 persen mengklaim data mereka tak ternilai dibandingkan dengan pria yang hanya 23 persen.

Orang yang lebih tua juga cenderung tidak suka untuk menjual data mereka dibandingkan dengan mereka yang lebih muda, di mana 32 persen dari mereka yang berusia 45 tahun ke atas  menggambarkan bahwa data mereka tak ternilai harganya, dibandingkan dengan 24 persen dari mereka yang berusia 16 sampai 24 tahun.

Konsumen yang berusia antara 25 hingga 34 tahun menganggap diri mereka demografi terkaya dalam hal data pribadi yang berharga, dengan nilai  4.174 pound sebagai nilai rata-rata dari data pribadi dalam kelompok usia ini. Penelitian ini juga mengklaim bahwa banyak konsumen di Inggris masih lebih suka untuk memiliki konten secara langsung daripada menyewa atau streaming.

Tiga puluh persen dari responden Inggris mengklaim mendownload album musik ke PC mereka setidaknya sebulan sekali, sementara 25 persen mendownload setidaknya satu film dan 21 persen mendownload acara televisi

Sementara itu, hanya 2 persen dari mereka yang disurvei menggunakan solusi penyimpanan awan berbayar dan kurang dari seperlima (16 persen) yang mengambil keuntungan dari layanan penyimpanan awan gratis seperti Dropbox atau Google Drive.

Sebagaimana dilaporkan oleh Financial Times pada tahun 2013, informasi umum tentang seseorang, seperti usia, gender dan lokasi bernilai belaka 0,0005 dollar per orang atau $ 0,50 per 1.000 orang.

Sumber: The Telegraph