Boneka Wi-Fi Barbie Bisa Memata-matai Anak-anak

6860836_G

Boneka Barbie terbaru yang dipasangi Wi-Fi dari Mattel dapat dengan mudah di-hack untuk kemudian diubah menjadi perangkat mata-mata yang digunakan untuk memata-matai anak-anak dan mendengarkan percakapan mereka tanpa sepengetahuan pemilik.

Boneka Hello Barbie merupakan boneka interaktif pertama di dunia yang mampu mendengarkan anak dan merespon perintah mereka melalui suara, dengan cara yang mirip dengan Apple Siri, Google Now dan Microsoft Cortana. Perangkan tersebut dihubungkan ke internet melalui Wi-Fi dan memiliki mikrofon untuk merekam anak-anak dan mengirim informasi ke pihak ketiga untuk diolah sebelum menanggapi dengan respon bahasa alami.

Namun demikian, peneliti keamanan AS Matt Jakubowski menemukan bahwa ketika terhubung ke Wi-Fi boneka tersebut rentan terhadap hacking sehingga ia memiliki akses mudah ke sistem informasi boneka, informasi akun, file audio yang disimpan dan akses langsung ke mikrofon.

Jakubowski mengatakan bahwa hacker dapat mengambil informasi tersebut dan mencari tahu rumah atau bisnis seseorang. Ini hanya soal waktu sampai hacker mampu mengganti server dengan server mereka dan kemudian memiliki apapun yang dikatakan anak-anak.

Setelah Jakubowski menguasai ke mana data akan dikirim kesempatan untuk mengintai tampak nyata. Boneka mendengarkan percakapan ketika tombol ditekan dan audio yang direkam dienkripsi sebelum dikirim melalui internet, tetapi sekali hacker memiliki kontrol terhadap boneka fitur privasi bisa diganti.

Betapa mudahnya boneka tersebut dikompromikan adalah yang paling memprihatinkan. Informasi yang disimpan oleh boneka dapat memungkinkan hacker untuk mengambil alih jaringan Wi-Fi rumah dan dari sana mendapatkan akses ke perangkat yang terhubung lainnya ke internet, mencuri informasi pribadi dan menyebabkan masalah lain bagi pemilik, tanpa sepengetahuan mereka.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: wrex.com