GCHQ: Cyber Attack Meningkat Dua Kali Lipat

gchq-plain-text

Serangan cyber yang mengancam keamanan nasional Inggris telah naik dua kali lipat dalam satu tahun terakhir. Inggris kini menghadapi hingga tujuh serangan serius setiap hari. Hal ini diungkapkan oleh  GCHQ.

Badan intelijen Inggris tersebut mengidentifikasi 200 serangan cyber setiap bulan terhadap organisasi dan jaringan penting  atau berasal dari sumber yang signifikan, seperti negara-negara yang bermusuhan.

Ciaran Martin, direktur umum untuk keamanan cyber di GCHQ, mengatakan bahwa serangan tersebut penting untuk keamanan nasional, baik karena agresor atau korban maupun karena sifat serangan tersebut.

Serangan tersebut dapat mencakup serangan terhadap infrastruktur nasional yang penting, seperti energi atau instansi nuklir atau serangan yang signifikan terhadap kelompok kunci seperti negara atau kelompok kejahatan terorganisir. Serangan termasuk juga serangan yang menggunakan metode atau teknik yang tidak diketahui sebelumnya.

Para pejabat juga memperingatkan bahwa teknologi hacking yang canggih semakin tersedia secara online yang berarti semakin banyak pelaku yang dapat memulai serangan yang lebih canggih. Teknologi sederhana untuk serangan DoS dapat dibeli dengan harga beberapa pound, sementara teknologi yang lebih canggih bisa seharga 100.000 pound.

Serangan besar menjadi semakin umum dan hacker bulan lalu mencuri informasi pribadi dari lebih dari 156.000 pelanggan dari perusahaan komunikasi Talk Talk.

Sumber: The Telegraph