Layanan e-Mail ProtonMail Diserang Hacker

protonmail

ProtonMail, penyedia layanan email terenkripsi yang berbasis di Swiss terpaksa offline setelah hacker menyerang koneksi internet perusahaan untuk uang tebusan dengan menggunakan serangan Distributed Denial of Service (DDoS).

Menurut ProtonMail, mereka kemungkinan diserang oleh dua kelompok terpisah di mana penyerang kedua menunjukkan kemampuan umum yang dimiliki oleh aktor yang disponsori oleh negara. Kelompok kedua  juga menunjukkan bahwa mereka tidak takut menyebabkan kerusakan besar untuk  bisa menyerang ProtonMail dan memperoleh uang tebusan. Tebusan tersebut hanya 15 bitcoin atau sekitar 6.066 dollar AS, namun  serangan tidak berhenti setelah tebusan dibayar dibayar.

ProtonMail berkantor pusat di European Organization for Nuclear Research atau CERN yang menjadi dikenal secara luas di Amerika Serikat sejak kemunculannya pada drama populer di AS, yaitu Mr. Robot.

Menurut pendiri ProtonMail, Andy Yen mereka masih meneliti bukti-bukti dan akan bekerja dengan unit cyber crime federal Swiss. Yen juga mengatakan bahwa ia tahu beberapa kelompok pembangkang yang aktif menggunakan ProtonMail dan berbasis di negara-negara yang dikenal melakukan serangan hacking.

Menurut Yen, setelah berbicara dengan para ahli diketahui ada beberapa kelompok yang mampu melakukan serangan yang ukurannya cukup besar tersebut. Serangan tersebut mungkin serangan DDoS terbesar dan paling canggih  yang pernah terjadi di Swiss.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: First Post