Li-Fi 100 Kali Lebih Cepat dari Wi-Fi

1262b7b74d818229e09847cec89f6799

Mungkin tidak lama lagi teknologi Wi-Fi harus minggir dan memberi jalan untuk teknologi lebih baru, yaitu Li-Fi.

Para ilmuwan baru saja turun ke jalan dengan teknologi nirkabel baru yang disebut Li-Fi yang 100 kali lebih cepat dari kecepatan Wi-Fi saat ini. Li-Fi mentransmisikan data menggunakan komunikasi cahaya tampak dan sekarang sedang diuji di kantor dan lingkungan industri di Tallinn, Estonia.

Sistem nirkabel baru ini mencapai kecepatan 224 gigabit per detik di laboratorium dan memiliki potensi untuk merevolusi penggunaan internet. Harald Haas dari Universitas Edinburgh, Skotlandia menemukan Li-Fi pada 2011. Haas menunjukkan bahwa ia bisa mengirimkan data lebih banyak daripada menara seluler dengan satu kerlip cahaya LED.

Sistem ini bekerja dengan cara yang mirip dengan kode Morse, yaitu menggunakan komunikasi cahaya tampak (VLC), tetapi beroperasi pada kecepatan yang terlalu tinggi untuk dideteksi dengan mata telanjang. Teknologi Li-Fi menggunakan cahaya tampak antara 400 dan 800 Terahertz (THz), dan mengirimkan pesan melalui kode binari. Dalam tes di laboratorium kecepatannya cukup untuk mendownload 18 film 1,5 GB setiap satu detik.

Deepak Solanki, CEO perusahaan teknologi Estonia, Velmenni, mengatakan bahwa mereka sedang melakukan proyek percontohan di beberapa industri yang berbeda di mana teknologi VLC dapat dimanfaatkan. Saat ini mereka telah merancang solusi pencahayaan yang cerdas untuk lingkungan industri di mana komunikasi data dilakukan melalui cahaya. Mereka juga melakukan proyek percontohan dengan klien pribadi di mana mereka menyiapkan jaringan Li-fi untuk mengakses internet di ruang kantor.

Karena cahaya tidak dapat melewati dinding, Li-Fi bisa menjadi pilihan yang lebih aman di telepon dan menderita gangguan lebih sedikit daripada perangkat lain. Namun demikian, sistem ini tidak mungkin untuk menggantikan Wi-Fi sepenuhnya di tahun-tahun mendatang.

Sebuah perusahaan teknologi Perancis, Oledcomm juga bekerja sama dengan Li-Fi, dan menginstal sistem sendiri di rumah sakit setempat. Haas mengatakan bahwa Li-Fi dapat menggabungkan pencahayaan dengan transmisi data nirkabel untuk membuat masa depan yang lebih bersih dan lebih cerah.

Sumber: Science Alert via Daily Mail

Sumber Foto: mimorelia.com